Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

25/04/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya

Ada pembaca website nomor satu seputar teknik kendaraan bertanya kepada kami mengenai mobilnya. Ia merupakan pengguna dari Suzuki Karimun lawas, yang sudah menganut sistem Electronic Power Steering atau lebih akrab disebut EPS. EPS pada mobilnya ini sering bermasalah, apalagi jika ada sistem kelistrikan mobilnya yang bermasalah. Namun, tak hanya itu, ternyata sistem EPS ini agak ringkih. Mengapa demikian?

>>> Bikin kemudi lebih ringan, pahami cara kerja power steering pada mobil

Tampak mobil Honda Brio dengan sistem EPS

Mobil dengan sistem EPS memang lebih ringan dan membantu di dalam kota

Perlu Anda ketahui, mobil dengan jenis power steering EPS itu mengandalkan suplai arus listrik. Sistem power steering jenis ini memang memiliki keuntungan, diantaranya adalah, mobil dengan jenis power steering elektronik tidak membebankan tenaga mesin saat bekerja. Ia menggunakan sistem modul, serta roda gigi yang dikontrol dengan tenaga elektronik.

>>> Ingin power steering pada mobil Anda awet? Yuk ikuti tips ini

Tampak sebuah Master power steering dalam mobil

Mirip dengan master rem, power steering hidrolik masih mengandalkan tekanan oli

Karena tidak menggunakan hidrolik, maka desain steering rack, maupun bagian lainnya pada mobil dengan electronic power steering ini memang lebih ringkih, seperti bushing steer maupun komponen bergerak lainnya. Makanya, pada kendaraan berat seperti bus dan truk belum ada yang mengadopsi teknologi electronic power steering ini. Saat diciptakan, memang hydraulic power steering lebih kuat dari electronic power steering.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sistem EPS pada mobil

Sistem EPS memang lebih ringkas, namun lebih ringkih 

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan

    15/06/2019

    Terdorong keinginan untuk tampil beda dengan yang lain, modifikasi dipilih sebagai cara alternatif. Sayangnya meski seribu satu alasan dikemukakan, memodifikasi mobil tidak resmi sangat tidak direkomendasikan dan jadi pantangan bagi pabrikan.

  • Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    13/06/2019

    Mempunyai sebuah mobil merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat digunakan untuk mendukung s egala aktivitas keseharian. Tidak hanya itu saja, mempunyai mobil juga bisa digunakan untuk pergi liburan ke tempat yang diinginkan. Dalam membeli mobil biasanya akan ada yang namanya asuransi mobil All Risk.

  • Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    12/06/2019

    Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.