Mengetahui Waktu Dalam Pemeliharaan Mobil Supaya Tetap Prima

09/08/2018 Abdul Perawatan mobil

Menjaga kondisi Mobil tetap prima memang sangat diperlukan supaya dapat membawa pemiliknya ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman. Dengan begitu pemeliharaan Mobil perlu dilakukan dengan maksimal.

Dalam melakukan pemeliharaan Mobil biasanya pemilik bingung akan waktu yang pas. Bagi Mobil yang kerap mengalami masalah pastinya tidak dipusingkan dengan hal ini, namun Mobil yang jarang terkena masalah tentu memikirkan kapan untuk membawanya ke bengkel untuk perawatan. Jalan satu-satunya adalah dengan mengikuti panduan buku pemilik ataupun rekomendasi pihak pabrikan.

Perawatan yang dilakukan lebih sering lebih baik, karena tahu akan kondisi Mobil secara mendetail. Namun bagi seseorang yang sibuk dengan segala aktivitas dan juga kerjaan, tentunya akan sulit jika tidak meluangkan waktunya. Solusi untuk pemeliharaan Mobil adalah setiap 1 bulan sekali ataupun setelah kendaraan menempuh jarak 5000 km.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memeriksa mesin Mobil warna merah

Merawat Mobil perlu dilakukan agar kondisinya tetap prima

Berikut penjelasan mengenai kedua waktu tersebut untuk merawat kendaraan kesayangan Anda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

1. Perawatan Mobil 1 bulan sekali

Dalam perawatan Mobil yang dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan sekali terbilang ideal. Dalam hal ini pengecekan yang lebih diutamakan adalah pada bagian pencahayaan dan juga lampu lainnya seperti lampu depan, lampu sein, lampu kabut, lampu rem dan lampu belakang. Karena jika terdapat lampu yang tidak menyala atau kurang baik dalam melakukan pekerjaannya bisa menyebabkan masalah.

Sebagai contoh saat lampu sein tidak nyala, namun pengendara tidak sadar akan hal ini. Maka akan mencoba menyalakannya dan melakukan belokan, sementara lampu sein tidak menyala. Dalam hal ini beresiko terjadi tabrakan dari arah belakang ataupun kendaraan di depan yang berlawanan.

Pemeliharaan Mobil selanjutnya yang bisa dilakukan dalam jangka 1 bulan sekali adalah tekanan angin pada ban. Dengan tekanan yang ideal dan tepat dapat meminimalisir atau menghindari terjadinya ban meledak atau hilang kontrol saat melakukan perjalanan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan lampu utama Mobil sebelah kanan pada Mobil warna putih

Melakukan pengecekan dan pemeliharaan Mobil secara berkala dapat diketahui jika terdapat kerusakan

Melakukan pencucian pada kaca Mobil khususnya sangat diperlukan. Tujuannya adalah pandangan pengemudi terhadap jalan akan tetap baik dan tidak ada kotoran yang menghalangi.

>>> Mungkin tertarik, Cara Merawat Mobil Yang Baik Agar Tahan Lama Dan Tidak Boros Bensin

2. Perawatan Mobil setiap 5000 kilometer

Dalam melakukan perawatan pada Mobil setelah menempuh jarak 5000 km adalah melakukan pergantian oli. Jadi fungsi oli adalah melumasi komponen permesinan supaya tetap awet dan bekerja dengan baik. Mengingat ketika mesin dinyalakan akan ada gesekan tiap komponen dan membutuhkan kinerja pelumasan oli yang baik. Apabila oli sudah usang atau lama tidak dilakukan pergantian beresiko membuat komponen cepat rusak dan tidak berumur panjang.

Dalam mengganti oli perlu dilakukan secara berkala dan sesuai anjuran dari pihak produsen. Apalagi biasanya penggantian pertama dilakukan lebih cepat dibandingkan penggantian oli kedepannya supaya kondisi mesin Mobil tetap prima. Setelah itu dalam melakukan penggantian diharapkan secara teratur berdasarkan standar masing-masing kendaraan. Namun pada umumnya dilakukan setelah jarak yang ditempuh mencapai 5000 km.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Gambar ini menunjukkan beberapa Mobil sedang melakukan servis di bengkel resmi

Lakukanlah servis berdasarkan saran dari pihak produsen untuk performa maksimal

Selain itu perawatan beberapa cairan pada Mobil juga diperlukan seperti oli rem, cairan radiator, cairan power steering dan lainnya. Begitu juga dengan ban Mobil, namun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan saat akan bepergian. Dengan begitu perjalanan lebih tenang karena kondisi ban masih sesuai standar dan dalam kondisi yang baik.

Dengan melakukan pemeliharaan Mobil setiap sebulan sekali atau setiap menempuh jarak 5000 km, diharapkan keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan. Selain itu juga dapat meminimalisir kerusakan parak, karena saat dideteksi ada kerusakan kecil segera dilakukan perbaikan.

Mungkin anda ingin baca

  • Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM

    13/10/2018

    Banyak orang menginginkan mobil kesayangannya irit bahan bakar agar bisa menghemat pengeluaran. Kenyataannya, keinginan itu banyak yang tidak terwujud. Ahli oprek mesin salah satu bengkel di ibu kota menjelaskan ada lima hal yang bikin mobil boros BBM yang berujung pada banyak pengeluaran. Simak penjelasannya berikut!

  • Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

    11/10/2018

    Lampu indikator sangat penting keberadaannya, karena lampu indikator tersebut adalah sarana mobil kita berkomunikasi dengan kita sebagai pengemudi. Segala jenis kerusakan dapat diketahui dari keberadaan lampu ini. Nah, ini dia panduan singkat memahami lampu indikator peringatan pada mobil.

  • Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap

    08/10/2018

    Mobil keluaran pabrik punya batasan performa di titik tertentu. Bagi Anda penggila kecepatan dijamin tak akan bisa puas karena Anda tak mungkin mendapatkan tenaga yang lebih besar kecuali mobil itu Anda oprek atau Anda ganti dengan supercar yang harganya sangat mahal. Pertanyaannya, bisakah mobil Anda tambah tenaga meski bukan supercar?