Mengetahui Dampak Oli Mobil Kurang Dan Berlebih Perlu Diperhatikan

22/06/2021| Abdul

Ketika membahas tentang mobil tentunya terdapat mesin yang dibekali dengan oli. Dimana fungsinya sangat penting untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Bahkan saat proses penggantian perlu dilakukan secara berkala. Dalam penggantian bisa dilakukan sendiri atau melalui bengkel resmi. Namun yang perlu diperhatikan adalah terdapat dampak oli mobil kurang atau berlebih.

Gambar ini menunjukkan pengisian oli mesin mobil

Oli mesin mobil mempunyai beberapa fungsi penting

>>> Baca Juga, Jangan Diabaikan, Ini Beberapa Tanda Oli Mesin Perlu Diganti

Berhubungan dengan dampak oli mobil yang kurang atau berlebih pihak Suparman yang merupakan kepala bengkel Auto2000 Yos Sudarso mengungkapkan, bahwasanya kejadian tersebut terjadi pada saat melakukan perawatan pada mobilnya di luar bengkel resmi. Bisa juga disebabkan melakukan penggantian sendiri tanpa panduan dan tidak tahu takaran yang tepat.

Dampak Oli Mobil Kurang

Berikut ini beberapa dampak pada mobil ketika pengisian oli mobil kurang dari takaran yang direkomendasikan.

1. Cepat Aus Komponen Pada Mesin Mobil

Ketika pengisian oli kurang dari yang direkomendasikan pihak pabrikan, maka resiko pertamanya adalah komponen lebih cepat mengalami keausan. Hal tersebut karena fungsi dari oli sendiri untuk melakukan pelumasan pada komponen mesin kendaraan. Dengan begitu komponen yang bergesekan akan lebih aman.

Selain itu, sirkulasi oli juga terhambat jika pengisian oli kurang. Penyebabnya adalah pelumasan pada komponen kurang baik karena distribusinya tidak merata di dalam mesin mobil.

>>> Begini cara memilih oli mesin yang tepat untuk mobil kesayangan Anda

Gambar ini menunjukkan seorang pria membuka kap mesin mobil

Saat pengisian oli mesin kurang akan ada dampak pada mobil

>>> Baca Juga, Strategi Shell Hadapi Gempuran Pelumas OEM, 14 Tahun Jadi Pemasok Utama Di Dunia

2. Mesin Jadi Lebih Cepat Panas

Fungsi oli tidak hanya sebagai pelumasan komponen mesin saja, akan tetapi juga berguna untuk membuat suhu mesin tetap terjaga. Dengan begitu panas berlebih atau overheat bisa dihindari dengan sirkulasi oli yang terjadi di dalam mesin. Pada saat pengisian oli kurang atau terhambat maka panas pada mesin bisa terjadi lebih cepat.

3. Lebih Mudah Mogok Ketika Perjalanan

Adapun dampak oli mobil kurang selanjutnya adalah mobil bisa lebih mudah mogok. Hal tersebut dikarenakan terlalu lama mesin mobil kekurangan. Alhasil terjadi goresan atau macet pada komponen mesin yang bertugas untuk menghasilkan tenaga. Sehingga tidak optimal tenaga yang dikeluarkan dan mogok bisa dialami dengan lebih mudah.

Dampak Oli Mobil Berlebih

Bagaimana jika pengisian oli berlebihan atau lebih dari rekomendasi pabrikan?

“Terkait mengganti oli yang tidak sesuai takaran itu ada dua hal, bisa kelebihan atau justru malah kurang volumenya. Keduanya sama-sama punya dampak yang merugikan bagi pemilik mobil,” ujar Suparman.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan oli diisikan pada mesin mobil

Selain pengisian oli kurang, ketika berlebih juga ada dampaknya

Pihak Suparman menjelaskan bahwa pengisian oli yang melebihi takaran bisa membuat turunnya performa mesin mobil. Tidak hanya itu saja, ketika pedal telah diinjak penuh dan dalam putaran tinggi tarikan mesin akan terasa berat. Jadi penyebabnya adalah terciptanya gelembung udara karena pelumas yang berlebih. Imbasnya adalah pelumasan berkurang kemampuannya dan kinerja pompa oli dalam distribusi pelumas berkurang. Dampak yang terakhir dan sangat merugikan adalah bisa mengalami kebocoran.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai dampak oli mobil kurang atau berlebih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International