Jangan Diabaikan, Ini Beberapa Tanda Oli Mesin Perlu Diganti

07/11/2019 | Abdul

Oli mesin merupakan sebuah cairan atau fluida yang terdapat di dalam mesin. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi mesin saat sedang melakukan kinerjanya. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung performa mesin mobil dan membuat mesin terhindar dari kerusakan saat mobil digunakan berjalan. Dengan mengetahui tanda oli mesin perlu diganti maka mengganti oli bisa tepat waktu.

Gambar ini menunjukkan oli dituangkan di lubang oli pada mesin mobil

Oli mesin mempunyai fungsi penting pada kendaraan

>>> Mengapa pipa saringan udara mobil Anda penuh oli? Ternyata ini sebabnya

Untuk mengetahui waktunya terdapat beberapa cara yang dapat digunakan. Mungkin kebanyakan pemilik mobil telah mengetahuinya, namun bagi Sobat yang belum tahu bisa mengetahuinya dengan melihat informasinya di bawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa tanda oli mesin perlu diganti yang dapat diketahui dengan mudah:

1. Melihat Kartu Servis Yang Didapatkan

Adapun cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui tanda atau waktu melakukan penggantian oli yang paling mudah adalah dengan melihat kartu servis atau disebut juga kartu penggantian oli mesin mobil. Ketika Sobat melakukan servis maka dari pihak pemilik mobil akan diberi kartu oleh pihak bengkel. Yang mana kartu ini di dalamnya akan ada tanggal penggantian oli mesin.

Sebagai informasi, bahwasanya untuk umumnya penggantian oli dilakukan setiap 5 ribu sampai 10 ribu kilometer. Jadi agar mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik sebaiknya jangan sampai telat melakukan penggantian.

2. Melihat Panel Indikator Pada Mobil

Pada mobil modern saat ini beberapa teknologi diberikan yang tergolong lebih canggih. Jadi di bagian panel indikator ada yang diberi sebuah indikator yang menunjukan akan waktunya penggantian oli mesin mobil. Ketika indikator ini menyala maka menjadi tanda bahwa sudah saatnya untuk mengganti oli mesin mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan layar speedometer mobil dengan beberapa lampu indikator

Penggantian oli mesin mobil perlu dilakukan secara berkala

>>>  Mengapa Ganti Oli Harus Tepat Waktu? Ini Penjelasan Teknisnya

3. Mendengar Dan Merasakan Kondisi Pada Mesin Mobil

Cara mengetahui tanda oli mesin perlu diganti adalah dengan merasakan kondisi mesin mobil. Apabila mobil Sobat suara mesinnya terdengar kasar maka bisa menjadi tanda bahwa penggantian oli perlu dilakukan secepatnya.

4. Melihat Langsung Kondisi Oli Mesin Mobil

Adapun cara mengetahui tanda oli mesin perlu diganti yang terakhir adalah dengan melihat langsung kondisi oli. Untuk caranya sangat mudah yaitu melalui dipstick.  Pada saat Sobat membuka kap mesin pada mobil maka akan terlihat deep stick, Sobat dapat mencabutnya. Pada dipstick akan ada tanda atau batas yang memang diperuntukkan untuk melakukan pengecekan oli mesin mobil. Jadi saat oli telah mencapai batas yang telah ditentukan dan juga warna oli telah menghitam pekat dan juga berair maka perlu segera dilakukan penggantian oli.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang dipstick oli mesin mobil

Lihat dipstick oli bisa mengetahui volume dan kondisi oli mesin

Kami tekankan kembali, bahwa oli menjadi salah satu cairan yang sangat penting pada kendaraan. Kinerjanya yang maksimal dapat membuat mesin lebih nyaman, berumur panjang dan komponen di dalam mesin tidak mudah rusak. Jadi jangan sampai lupa mengganti oli mesin mobil sesuai rekomendasi pihak pabrikan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanda oli mesin perlu diganti. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 05/06/2020 | Abdul

    Mengenal Jenis Kompresor AC Mobil Sebagai Tambahan Informasi

    Saat ini banyak yang menggunakan AC sebagai alat pendingin pada mobil. Salah satu alat kelengkapan pada mesin AC yaitu wajib menggunakan kompresor. Kompresor ibarat jantung AC yang berfungsi menghisap freon dari tekanan rendah kemudian didistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi.

  • 04/06/2020 | Abdul

    Fase New Normal, Menyemprot Mobil Dengan Desinfektan perlu Dilakukan

    Himbauan dari pihak kepolisian kepada pemilik kendaraan supaya menyemprot mobil dengan desinfektan. Hal tersebut dilakukan secara berkala dalam fase new normal dengan tujuan untuk mencegah virus corona.

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.