Mengetahui Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan

22/12/2017| Mobilmo.com

Pada saat melintasi jalanan pastinya Anda sering melihat garis putih dan kuning. Banyak sekali pengendara Mobil atau motor yang tidak mengetahui maksud dari garis tersebut. Kebanyakan orang masih saja menganggap bahwa garis putih dan kuning yang berada di jalan raya sebagai pembatas jalan saja. Garis kuning dan putih dibuat pemerintah dengan tujuan tertentu, lantas apa arti garis kuning dan putih di jalan? Terdapat beberapa macam garis putih dan kuning yang bentuknya berbeda dan juga memiliki makna sendiri-sendiri. Nah untuk lebih jelasnya tentang arti garis kuning dan putih di jalan, kita simak penjelasannya di bawah:
  1. Yellow Box Junction (YBJ)

Pembahasan pertama tentang arti garis kuning dan putih yang pertama adalah YBJ. Yang dimana untuk rambu lalu lintas YBJ biasanya hanya berada di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Bandung dan lainnya. untuk letaknya bisanya berada di samping jalan, namun banyak orang yang belum paham maksudnya meskipun pernah melihatnya. Adapun fungsi dari YBJ adalah untuk menghindari terkuncinya lalu lintas pada persimpangan jalan ketika sedang padat kendaraan. Seperti yang sering kita lihat bahwa pada saat jalanan sedang padat banyak pengendara yang sering menerobos lalu lintas, oleh sebab itulah YBJ berperan penting dalam hal ini yakni mencegah kendaraan supaya tidak melintasi garis.
  1. Satu Garis Kuning putus-putus

  • 2 garis kuning tanpa putus
  • Garis putih putus-putus
  • Garis putih tanpa putus
  • Adapun yang terakhir adalah garis putih tanpa putus. Untuk fungsinya sangat berbeda dengan garis putih yang putus-putus. Untuk fungsinya adalah sebagai penanda bahwa tidak boleh menyalip Mobil di depannya. Jadi setiap pengendara diharuskan berada di jalurnya sendiri tidak boleh menerobos jalur lain. Bagaimana? Sudah paham bukan mengenai arti garis kuning dan putih di jalan. Dengan mengetahui maknanya pasti pengendara bisa mematuhi tata tertib yang sudah diberikan untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara.  

    International