Mengapa Ada Jendela “Mati” di Bagian Belakang Mobil?

29/11/2018| Fatchur Sag

Foto BMW X5 2019 tampak samping belakang

Kaca mobil bagian belakang dan samping pojok belakang didesain 'mati'

Hampir semua mobil penumpang dilengkapi dengan jendela kaca di bagian belakang. Yang kadang tidak pernah kita sadari, mengapa jendela kaca di bagian belakang mobil ini 'mati' alias tidak bisa dibuka. Tidak hanya jendela di belakang saja, jendela kaca di bagian samping yang terletak paling pojok belakang kebanyakan juga tidak bisa dibuka. Ternyata ada banyak tujuan dibalik desain jendela bagian belakang mobil yang dibikin seperti ini. Selain untuk estetika, jendela 'mati' juga ditujukan untuk keselamatan.

Jendela Mati di Belakang Mobil

Jendela mati di bagian belakang mobil umumnya diberi semacam sticker atau elemen berupa garis-garis cokelat. Garis-garis berwarna cokelat bernama defogger ini ternyata memiliki peran penting terutama untuk meningkatkan keselamatan pengendara. Rata-rata mobil keluaran terbaru sudah memiliki fitur defogger ini, sayangnya tak semua pemilik mobil mengetahui fungsinya.

>>> Musim Hujan Saatnya Maksimalkan Fitur Defogger, Apa Itu?

Gambar kaca belakang mobil dengan fitur defogger

Kaca belakang dengan garis-garis fitur defogger untuk menghilangkan embun

Ketika Anda berkendara dalam kondisi hujan tanpa pendingin udara, biasanya akan mucul embun di kaca kendaraan. Embun ini muncul karena adanya perbedaan suhu antara bagian luar dengan bagian dalam kabin. Embun tersebut ternyata bisa mengganggu pandangan pengemudi. Kalau pandangan pengemudi terganggu tentu sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara di jalan raya. Nah, defogger berfungsi untuk meminimalisir bahkan menghilangkan embun tersebut terutama dari arah belakang.

Ada dua jenis defogger yang terdapat di mobil yakni defogger depan dan belakang. Untuk defogger bagian depan bekerja dengan menyinkronkan udara dari ventilasi dashboard dengan suhu AC. Sedangkan defogger bagian belakang kerjanya jauh lebih sederhana yakni berupa garis yang menempel pada kaca sebagai elemen panas. Sistem akan memanaskan elemen tersebut sehingga embun pun bisa hilang lebih cepat. Uniknya, defogger bagian belakang ini bekerja layaknya kompor listrik sehingga tak akan terasa panas ketika dipegang.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Defogger bisa diaktifkan dengan menggunakan tombol yang biasanya diletakkan di dekat pusat kendali AC. Tombol defogger biasanya memiliki ikon berupa gambar persegi panjang yang dilintasi dengan 3 panah meliuk sehingga mudah ditemukan. Cukup dengan menekan tombol tersebut, defogger pun bisa langsung aktif.

Jendela Mati di Samping Mobil Pojok Belakang

Kalau defogger yang terletak di kaca mati bagian belakang berfungsi untuk menghilangkan embun, beda lagi dengan kaca mati yang terpasang di sisi samping bagian belakang. Kaca berbentuk segitiga ini sering diabaikan padahal memiliki fungsi penting yakni untuk memperluas bidang penglihatan pengendara. Setiap mobil memiliki titik buta yang membatasi area pandangan pengemudi. Dengan adanya kaca berbentuk segitiga ini, pengemudi masih bisa melihat sudut yang sulit.

>>> Waspada, Ketahui Titik Bahaya Di Jalan bagi kendaraan Untuk Keselamatan Berkendara

Foto bagian samping BMW X5 2019

Model mobil terbaru saat ini tampak lebih futuristis karena desain jendela mati yang makin stylish

Kaca jendela mati tersebut dipasang sedemikian rupa sehingga tak mudah goyang dan tak menghalangi cahaya yang masuk ke dalam kabin. Kaca yang dipasang di bagian jendela mati pilar C ini juga bisa memberikan efek elegan bagi penampilan mobil secara keseluruhan. Model mobil terbaru saat ini tampak lebih futuristis karena desain jendela mati yang makin stylish.

Dalam kondisi tertentu jendela mati belakang ini masih bisa bertahan utuh meski jendela kaca lainnya sudah retak atau malah hancur. Hal ini tak lain karena kaca mati tersebut dipasang kemudian disegel demi meminimalkan getaran. Itu sebabnya jika Anda mengamati desain mobil saat ini, terlihat jendela mati ini tampak begitu solid dan kuat.

>>> Alasan Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan Dan Perawatannya

Keberadaan setiap komponen sekecil apapun ukurannya selalu ditujukan untuk meningkatkan keamanan pengemudi seperti jendela mati di bagian belakang ini. Dengan mengetahui fungsinya, kini Anda tak perlu penasaran lagi kenapa ada jendela mati di bagian belakang mobil. Anda pun lebih hati-hati ketika melakukan modifikasi mobil sehingga bisa mengubah penampilan mobil tanpa mengurangi tingkat keamanannya maupun fungsionalitasnya. Kalaupun terjadi kejanggalan seperti adanya embun di kaca belakang, Anda bisa langsung mengetahui bahwa defogger mobil mengalami gangguan atau tak bisa berfungsi dengan baik.

Tombol defogger BMW X5 2019 di bagian panel control

Fitur defogger bisa diaktifkan dengan menekan tombol defogger di panel control

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

International