Mass Air Flow Sensor Kotor, Awas Bisa Bikin Mesin Kasar

04/03/2020| Abdul

Mass Air Flow Sensor (MAF) mempunyai fungsi sebagai pengukur jumlah dan kepadatan udara pada sistem injeksi elektronik yang masuk ke bagian mesin. Dengan begitu maka Electronic Computer Unit (ECU) atau yang sering disebut dengan komputer mesin bisa mengatur jumlah bahan bakar. Sehingga pengaturan bahan bakar dan udara mendapatkan rasio yang optimal.

Gambar ini menunjukkan Mass Air Flow Sensor pada mobilo

MAF Sensor kotor bisa membuat mesin tidak stabil dan kasar

>>> Baca Juga, Mobil Pribadi Punya Kamera Belakang dan Sensor Parkir, Begini Merawatnya!

Kinerja MAF Sensor dalam mengatur udara yang masuk mengandalkan tenaga listrik, sehingga output yang dihasilkan bisa langsung dikirim ke bagian ECU. Pada saat mobil sudah digunakan dalam jangka lama maka bagian tersebut bisa saja mengalami kekotoran, hal tersebut disebabkan terkontaminasi oleh kotoran yang berakibat kemampuan dari MAF Sensor berkurang.

Jika kondisi tersebut terjadi maka campurannya terlalu kurus sehingga bisa berakibat lampu indikator check engine jadi menyala. Untuk gejala awal yang dapat dirasakan adalah mesin kondisinya tersendat dan putaran idle terasa kasar serta terjadi perubahan pada putaran mesin secara tiba-tiba. Namun apabila kondisi MAF Sensor tidak optimal atau dalam kondisi kotor tidak akan berdampak fatal secara langsung, akan tetapi bila tidak segera ditangani maka bisa menjadi penyebab konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Bahkan bila dibiarkan maka akibatnya adalah mesin dapat mengalami kerusakan. “Karena mesin dipaksa bekerja dengan rasio bahan bakar dan udara yang tak tepat. Dalam jangka panjang bisa merusak komponen internal mesin,” ujar Theodorus Suryajaya dari workshop REV Engineering yang terletak di Arteri Kedoya, Jakarta Barat.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Membersihkan Mass Air Flow Sensor

Gambar ini menunjukkan obeng dan MAF Sensor Cleaner

Membersihkan MAF Sensor bisa dilakukan di rumah

>>> Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi

Perlu diketahui, bahwa untuk pembersihan MAF Sensor terbilang mudah dan pengerjaannya bisa dilakukan di rumah. Untuk caranya adalah dengan mempersiapkan obeng terlebih dahulu dan juga satu botol Electronic Cleaner. Selanjutnya adalah mencopot harness clip dengan mengandalkan obeng untuk membuka sekrup. Adapun sekrup tersebut berfungsi untuk menahan MAF agar tidak terlepas atau bergeser. Setelah itu dilanjutkan dengan mencabut MAF dari dudukannya dengan cara menariknya.

Yang perlu diperhatikan adalah saat menarik MAF, karena jika sembarangan bisa beresiko merusak seal yang mempunyai bentuk ring berada di bawahnya. Apabila sudah terlepas, maka langkah selanjutnya adalah menyemprotkan Electronic Cleaner ke bagian temperatur sensor.

Penyemprotan dilanjutkan pada bagian kawat yang berada di dalam air sensor. Setelah penyemprotan diamkan selama 10 menit dan lakukan sekali lagi, tapi ingat jangan dilakukan pengelapan ataupun disentuh memakai tangan. Dalam proses pengeringan mengandalkan udara terbuka saja.

 “Jangan pakai kompresor atau hair dryer juga, kawat-kawat ini rapuh, apabila rusak harganya mahal,” tutur Sugiyanto dari Graha Mobilindo di Kalimalang, Jakarta Timur.

Apabila dirasa kondisinya telah bersih, maka diamkan Mass Air Flow Sensor beberapa menit sampai kering secara maksimal. Jika sudah bisa memasangnya kembali ke tempat semula dan mengencangkannya dengan scrub yang sebelumnya telah dilepas. Setelah itu dilanjutkan dengan langkah terakhir yakni menyemprotkan electronic cleaner ke bagian connector atau harness clip yang sebelumnya dilakukan pelepasan. Biarkan mengering kemudian memasangnya kembali.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan penyemprotan bagian MAF Sensor pada mobil

Terdapat cairan khusus yang bsa dipakai membersihkan MAF Sensor

“Sebaiknya scan total mesin sebelum divonis mengganti MAF Sensor agar kerusakannya dapat diketahui secara pasti,” ujar Sugiyanto.

Akan tetapi bila ternyata kondisi dari MAF Sensor terlalu kotor atau mengalami kerusakan. Maka alangkah baiknya dengan melakukan penggantian, karena memang tidak ada cara lain. Untuk harga dari Mass Air Flow Sensor terbilang cukup lumayan yakni antara Rp. 800 ribu sampai Rp. 1,7 jutaan, harga tersebut tergantung dari merek kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International