Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

 

1. Harga Pelek

Pelek aftermarket terpasang pada mobil hijau

Pelek asli mempunyai harga jauh lebih mahal

Lewat harga pelek, Anda bisa mengetahui apakah pelek tersebut asli atau tidak. Pelek asli biasanya dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan replika atau palsu. Harga pelek asli bisa sampai empat kali lebih mahal dibanding pelek palsu. Namun harga tak menjadi satu-satunya tanda mengenali pelek palsu. Tak jarang juga ditemui pedagang nakal yang menjual pelek replika dengan harga tinggi dan mengatakan bahwa pelek tersebut asli.

>>> Jangan lupa, Baut Roda Mobil Juga Membutuhkan Perawatan

2. Bobot Pelek

Bobot pelek dengan tambahan besi

Bobot pelek asli jauh lebih ringan dibandingkan yang palsu

Hal lain yang bisa mencegah dari penipuan pelek adalah dengan melihat bobot pelek. Kebanyakan yang asli akan lebih ringan dibandingkan pelek palsu. Sebagai contoh, pelek replika ring 17 beratnya kurang lebih 10-11 kg, maka pelek asli bisa kurang lebih 6 kg saja. Namun lagi-lagi bobot tak bisa langsung menyatakan pelek asli atau palsu. Seperti pelek ring 20 misalnya, ada yang beratnya sama dengan yang replika.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Kualitas Pembuat Pelek

Pengecekan kualitas pelek

Kualitas pelek palsu pada finishing terlihat berantakan

Kualitas pembuat pelek bisa menjadi bahan pertimbangan apakah pelek asli atau palsu. Biasanya, saat dibuat, pelek palsu akan melalui proses pengecoran, sementara pelek asli akan melalui proses ditempa. Dari dua macam proses itu yang terpenting adalah finishing-nya. Pelek asli, hasil finishing-nya rapi, sementara replika akan tampak berantakan. Seperti ada yang bolong di permukaan dalam pelek. Catnya pun tampak tidak sama.

Untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu memang tak mudah. Kuncinya, jangan mudah tergoda dengan harga murah dan jangan terburu-buru membeli pelek. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum benar-benar membelinya. Semoga berguna tips membedakan pelek palsu atau asli.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Jangan Diremehkan, Kenali Ciri Tie Rod Rusak

    Sektor kaki-kaki merupakan salah satu bagian penting dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Bagian ini memiliki banyak komponen, salah satunya adalah tie rod. Ternyata ada ciri tie rod rusak yang bisa Anda rasakan agar tidak celaka di jalan.