Lakukan Pengecekan Interior Mobil Sebelum Mudik Agar Perjalanan Lebih Nyaman

26/05/2018| Abdul

Pada umumnya perjalanan yang ditempuh oleh pemudik jaraknya cukup jauh. Yang mana di perjalanan pasti akan melelahkan. Oleh sebab itu membuat kabin Mobil tetap nyaman sangat disarankan, dengan tujuan supaya dapat mengurangi rasa lelah dalam perjalanan. Apalagi melakukan pemberhentian setiap 2 jam atau setelah terasa lelah perlu dilakukan, pasti dengan pengecekan interior Mobil sebelum mudik dapat menjadikan pemilik dan penumpang beristirahat di dalam Mobil lebih nyaman.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mengecek kabin Mobil sebelum melakukan perjalanan mudik.

1. Safety Belt

Safety belt atau sering dikenal dengan nama sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi penumpang atau pengemudi agar tidak terlempar saat terjadi benturan. Oleh sebab itu menjaga kondisinya tetap baik sangatlah diperlukan. Lakukan pengecekan pada kelancaran dari pergerakan belt dan juga fungsi dari tensionernya. Jangan lupa pula memastikan saat dihentak sabuk mengunci juga diperlukan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memasangkan sabuk pengaman pada tempatnya

Sabuk pengaman menjaga tubuh pengendara agar tidak terpental saat terjadi benturan

Apabila terdapat masalah seperti agak seret atau tidak lancar serta tidak mau mengunci, maka bisa dicoba dengan menariknya sampai habis kemudian dilepaskan. Biarkanlah belt tergulung sendiri sampai ke posisi awal gulungan, biasanya melakukan hal tersebut membuat belt kembali lancar.

Selain hal tersebut melakukan pembersihan juga diperlukan. Apabila Anda menjumpai belt pada Mobil Anda sudah menghitam atau kotor, maka sebaiknya segera dilakukan pembersihan dengan bantuan air sabun dan sikat kecil. Setelah disikat dan kotoran terangkat, selanjutnya dilakukan pengeringan menggunakan kain yang bersih agar kotoran yang menempel dapat menghilang. Dengan begitu usia pakai dari sabuk pengaman menjadi lebih lama.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya yang menarik

2. Ruang penyimpanan

Sekarang Mobil sudah mempunyai fitur baru untuk mendukung kenyamanan dalam berkendara, salah satunya adalah tambahan ruang penyimpanan. Tambahan ruang tersebut memiliki ukuran dan juga bentuk yang berbeda tergantung fungsinya. Ruang penyimpanan biasanya tersebar pada beberapa titik seperti laci dashboard dan tempat lainnya.

Gambar ini menunjukkan ruang penyimpanan yang terdapat di tengah jok Mobil

Mobil terbaru terdapat beberapa tempat penyimpanan untuk barang-barang ukuran kecil

Selain itu terdapat pula meter cluster yang letaknya berada di bagian tengah, seperti milik Nissan Serena. Ada juga konsol tengah yang dapat membawa barang dengan ukuran kecil. Pada intinya, memanfaatkan ruang penyimpanan tambahan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai tidak diisi dan dibiarkan kosong, apalagi saat mudik yang biasanya sangat banyak barang yang dibawa.

Apabila kendaraan tidak memiliki ruang penyimpanan tambahan, bisa membelinya di toko aksesori. Biasanya terdapat banyak jenis dan model yang dijual.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru yang ditawarkan oleh cintamobil

3. Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah jok mobil warna putih berpadu dengan warna hitam

Jok Mobil yang nyaman membuat pengendara tidak mudah capek saat dalam perjalanan

Pengecekan interior Mobil sebelum mudik selanjutnya adalah jok Mobil. Pastikan bahwa rasa nyaman didapat ketika sedang mendudukinya. Selain itu, beberapa Mobil terbaru mempunyai inovasi pada jok Mobil. Yang dimana pengguna dapat memaksimalkan ruang yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan uang, dokumen penting atau benda berharga lainnya. Dengan begitu barang berharga akan tersimpan dengan rapi dan tidak terlihat dari luar.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Dalam Memilih Cover Jok Mobil

4. Tuas dan tombol

Setiap kendaraan memiliki peletakan tombol dan juga karakternya berbeda-beda. Oleh sebab itu sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya mengenali jenis kendaraanya dengan baik, apalagi bagi pengendara yang menggunakan jasa sewa kendaraan.

Gambar ini menunjukkan beberapa tombol fitur pada mobil di dashboard

Mengenali kegunaan tombol pada Mobil membuat pengemudi tidak salah memberi isyarat saat di jalan

Apabila paham benar letak tombol seperti lampu sein, klakson dan lainnya pasti akan lebih nyaman dalam berkendara. selain itu tujuannya untuk menghindari memberikan isyarat yang keliru saat dalam perjalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate info tentang tips perawatan lainnya

5. Karpet tambahan

Untuk menambah kenyamanan saat berkendara saat mudik, memberikan karpet tambahan bisa dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan karena khawatir karpet bawaan Mobil terkena kotoran atau tumpahan makanan. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah, jangan memilih karpet yang malah mengganggu kenyamanan dalam perjalanan.

Gambar ini menunjukkan Karpet tambahan di dalam kabin mobil

Karpet tambahan menjaga karpet mobil bawaan tetap awet

Seperti misalnya pemasangan karpet yang tidak disarankan adalah memasang karpet yang kurang tepat sehingga mengganggu gerak jok Mobil menjadi terbatas. Selain itu melakukan pemasangan karpet yang terlalu tebal pada sisi pengemudi tidak disarankan, karena sering menimbulkan masalah seperti dapat mengganjal injakan rem atau pedal gas.

>>> Mungkin tertarik, Ingin Sewa Mobil Buat Mudik, Mungkin 5 Saran Ini Dapat Membantu

6. Indikator pada dashboard

Gambar ini menunjukkan beberapa lampu indikator yang tempatnya di bagian dashboard

Lampu indikator dijadikan tanda jika terjadi sesuatu masalah serius seperti mesin terlalu panas

Adapun bagian lain saat mengecek interior Mobil sebelum mudik adalah lampu indikator yang terletak di bagian dashboard. Yang mana saat komponen tersebut bekerja dengan baik dapat memberikan informasi bermanfaat. Sebagai contoh lampu sein, ketika di bagian dashboard indikator lampu sein sebelah kanan menyala maka itu menandakan bahwa lampu sein Mobil sebelah kanan sedang menyala.

Demikianlah informasi mengenai pengecekan interior Mobil sebelum mudik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya.

>>> Berniat Membeli atau Menjual Mobil, Kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com !

Berita sama topik

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019| Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    11/06/2018| Abdul

    Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    Perjalanan mudik membutuhkan berbagai rencana yang matang, agar dapat sampai kampung halaman dengan aman serta nyaman. Selain mempersiapkan kondisi tubuh tetap fit baik Anda sebagai pengemudi dan juga keluarga, kondisi Mobil juga perlu beberapa sentuhan. Seperti misalnya perawatan, kebersihan dan hal lain yang mendukung kenyamanan dalam perjalanan. salah satu hal yang dapat menjadikan perjalanan mudik lebih berkesan adalah karpet Mobil yang wangi.

  • Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    31/05/2018| Fat

    Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    Mudik pakai mobil pribadi, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain bekal di perjalanan dan selama liburan di kampung halaman, kondisi tubuh sehat wal afiyat, juga harus memastikan mobil dalam kondisi prima di semua bagian. Mulai dari mesin, sistem pengereman, kelistrikan atau fungsi perlampuan hingga yang tak kalah penting ban mobil kamu oke.

International