Ketahui Tips Ringan Pada Mobil saat Hujan yang Perlu Diketahui

19/04/2018| Mobilmo.com

Pada saat musim penghujan terdapat beberapa bagian Mobil yang membutuhkan perhatian lebih. Hal tersebut tentunya untuk kepentingan pengendara sendiri supaya terhindar dari bahaya. Mengingat saat hujan turun membutuhkan konsentrasi yang lebih serta komponen pendukung saat hujan juga bekerja lebih keras. Untuk melakukan pengecekan terdapat tips ringan pada Mobil saat hujan yang perlu dilakukan.

Ketika menerjang hujan dibutuhkan komponen Mobil bekerja dengan maksimal. Salah satunya adalah wiper dan juga sistem pengereman serta bagian lain yang menjaga Mobil tetap stabil saat menerjang guyuran air hujan. Seperti beberapa tips ringan pada Mobil saat hujan yang diberikan oleh Akhiong yang merupakan pemilik bengkel berlian motor yang bertempat di kawasan Komplek BSD Autoparts kepada media.

Wiper yang terlalu lama terkena panas bisa menjadi kering

“Ada beberapa hal penting yang harus diperiksa atau mengalami penggantian part. Seperti wiper harus dicek apakah masih layak dipakai atau tidak, karena terkadang selama musim panas karet wiper menjadi kering dan kaku terutama yang jarang dipakai, maka ini harus diganti,” tegas Akhiong.

Jadi berdasarkan penjelasan di atas, bahwa wiper merupakan salah satu bagian yang vital pada musim hujan. Ketika di musim panas karet wiper bisa saja berubah menjadi kering  dan kaku. Hal tersebut dikarenakan jarang dipakai untuk membersihkan kaca Mobil.

>>> Baca juga, Inilah Arti Asap Knalpot Mobil Yang Sangat Penting

Namun ternyata terdapat bagian lain yang membutuhkan pemeriksaan. Selain wiper pada Mobil, sistem pengereman juga harus dipastikan bekerja dengan normal. Mengingat kinerja rem Mobil akan lebih besar saat hujan melanda. Dalam hal ini kampas rem memiliki tugas mencengkram yang lebih, sehingga pemilik harus memastikan ketebalannya masih baik. Jika dirasa sudah berkurang terlalu banyak atau waktunya diganti maka segeralah melakukannya, supaya saat berjalan di bawah rintikan air hujan dapat bekerja dengan maksimal.

Sistem pengereman adalah salah satu fitur keselamatan yang sangat penting

Tips ringan pada Mobil saat hujan selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada kondisi ban Mobil. Saat hujan ban juga memiliki tugas yang lebih berat dibandingkan saat cerah. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan yang basah dan licin membuat ban harus bekerja keras supaya tetap mencengkram dan tidak terpeleset.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Jadi pastikanlah kembangan yang terdapat pada ban Mobil masih tebal sehingga mampu mensirkulasikan air hujan dengan sempurna. Dengan begitu cengkraman yang dimiliki akan lebih baik dan terhindar dari resiko tergelincir yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Ban yang sudah gundul dapat tergelincir saat melintasi jalanan basah

“Pengecekan lainnya adalah ban, ban juga sangat mempengaruhi daya cengkram saat hujan, semakin tebal kembangnya maka dipastikan akan aman selama hujan, yang terpenting pastikan tekanan ban juga dalam standar yang telah ditentukan pihak pabrik,” ujar Akhiong.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Adapun bagian terakhir yang masuk dalam tips ringan pada Mobil saat hujan yang perlu diperhatikan adalah kaca Mobil. Memastikan kondisi kaca Mobil terhindar dari kotoran dan jamur perlu dilakukan. Mengingat  kaca Mobil merupakan penghubung antara pengemudi dan jalanan sehingga sangat dibutuhkan dalam keadaan terawat. Jika terjadi keburaman pada kaca Mobil maka dapat mengurangi visibilitas pengemudi, apalagi saat berkendara di malam hari dalam keadaan hujan turun.

Kaca Mobil yang buram dapat mengganggu pandangan dari pengemudi

Melihat banyaknya angka kecelakaan yang terjadi saat hujan turun, maka tips di atas sangatlah berguna dan bermanfaat untuk pengendara. Selain itu kewaspadaan dan menjaga kondisi tubuh juga diperlukan. Apabila tubuh dalam keadaan prima maka dalam keadaan hujan pun bisa dilewati dengan mudah tanpa hambatan. Namun jika tubuh sedang tidak baik maka pengendara akan merasa risau dan mudah naik darah ketika ada masalah sedikit yang terjadi di jalanan.

Demikianlah informasi mengenai tips ringan pada Mobil saat hujan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.