Inilah Arti Asap Knalpot Mobil Yang Sangat Penting

19/04/2018 | Mobilmo.com

Banyak anggapan yang kurang tepat terhadap asap yang keluar dari knalpot kendaraan. Jadi pemilik Mobil seringkali menyepelekan hal ini, padahal arti asap knalpot Mobil sangatlah banyak dan juga mempengaruhi berbagai keadaan dan juga kondisi. Salah satu hal yang dimaksud adalah soal pajak kendaraan. Jadi pembayaran pajak bukan hanya untuk fasilitas umum seperti jalanan dan juga fly over, akan tetapi ternyata pajak juka menjadi kompensasi terhadap gas buang yang telah dikeluarkan oleh suatu kendaraan.

Ternyata dalam masalah ini tidak hanya di Tanah air saja, kompensasi mengenai asap tersebut juga telah berlaku di negara lain seperti Inggris Raya, Australia, Irlandia dan negara maju lainnya. tidak hanya itu saja, arti asap knalpot Mobil juga berperan dalam memberikan informasi terhadap pemilik mengenai kondisi Mobil. Jadi adanya asap yang keluar dari knalpot tidak selalu memiliki arti yang buruk atau hanya membuat polusi saja.

Asap knalpot dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada komponen kendaraan 

Dengan mengandalkan asap yang keluar dari knalpot dapat memberikan informasi kepada pengendara bahwasanya terdapat kerusakan pada komponen di dalamnya. Dengan melihat warna asap yang keluar adalah salah satu cara yang terbilang efektif. Jadi jangan menyepelekan masalah ini dan menganggapnya buruk.

>>> Baca juga, Pilihan Mobil Mudik Harga 200 sampai 300 Jutaan yang Nyaman

Sebagai contoh arti asap knalpot Mobil dilihat dari warnanya yaitu warna hitam. Jadi apabila asap yang keluar memiliki warna hitam maka itu menandakan bahwa terdapat  3 masalah yang perlu segera diatasi seperti adanya kebocoran injektor mesin, terjadi kerusakan pada sensor oksigen dan yang terakhir adalah terhambatnya bensin ketika melewati pipa penyalur. Masalah tersebut membuat pembakaran yang terjadi di dalam mesin tidak sempurna sehingga asap yang keluar akan berwarna gelap.

Selain itu kadang ada pula asap biru yang keluar dari knalpot. Meskipun untuk masalah ini sangat jarang ditemui, akan tetapi ada pula yang mengalaminya tanpa sadar. Bahkan seringkali dianggap biasa saja sehingga tidak dihiraukan oleh pemiliknya. Adapun arti asap knalpot Mobil berwarna biru adalah terjadi penurunan kompresi pada bagian mesin.

Jika asap Knalpot Mobil berwarna biru maka tandanya terjadi penurunan kompresi

Adapun penyebab dari penurunan kompresi tersebut adalah adanya peningkatan tekanan yang terjadi pada crank case sehingga menjadikan tenaga Mobil serta torsinya menurun. Mungkin banyak yang tidak menyadari masalah penurunan tenaga pada Mobil mereka. hal tersebut karena ketidak tahuan masalah mesin ataupun besarnya tenaga yang dimiliki pada sebuah kendaraan.

Untuk orang awam yang hanya mengerti masalah servis saja harus mengetahui akan arti asap knalpot Mobil tersebut. Tujuannya adalah supaya bisa segera memeriksakan kondisi mobilnya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Sangat berbeda dengan orang yang paham soal mesin dan seluk beluk kendaraan serta besarnya tenaga yang dihasilkan. Bagi pengemudi yang sudah paham akan merasakan keganjalan ketika melewati tanjakan atau saat digeber terlalu keras. Dengan begitu pengendara dapat langsung memeriksanya sendiri ataupun membawanya ke bengkel.

Saat Mobil keluar asap warna hitam maka segera periksakan ke bengkel kepercayaan

Keuntungan adanya asap knalpot yang keluar adalah saat dalam perjalanan. kadang pengemudi tidak tahu akan kondisi mobilnya saat sedang melaju di jalanan. Hal tersebut dikarenakan konsentrasi yang diharuskan untuk pengendara supaya dapat selamat sampai tujuan. Inilah peran yang dimiliki asap knalpot, pengendara lain akan melihat asap yang timbul dari Mobil Anda seperti terbakar. Dengan begitu mereka akan memberitahu Anda bahwa ada masalah pada Mobil Anda.

Jadi Anda dapat segera meminggirkan Mobil dan melakukan beberapa pengecekan sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada kendaraan Anda.

Demikianlah informasi mengenai arti asap knalpot Mobil yang sangat penting. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di mobimo.com