Jangan Diremehkan, Kenali Ciri Tie Rod Rusak

07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

Sebagai penghubung antara kemudi dengan roda, tie rod bekerja dalam kondisi yang cukup ekstrem. Seiring pemakaian, komponen ini tentunya akan mengalami penurunan performa. Gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan tie rod sebenarnya dapat dirasakan dan diketahui pengendara baik saat berjalan normal atau pada kecepatan rendah. Berikut ciri tie rod rusak yang bisa Anda kenali.

Pengemudi memegang setir

Bila setir terasa berat sebelah atau susah dikendalikan, ada kemungkinan tie rod rusak

Pertama adalah kendaraan sering membuang ke salah satu arah. Apabila ketika berkendara mobil tidak dapat bergerak lurus atau kemudi seolah sulit untuk dikendalikan secara stabil, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada tie rod. Maka pastikan mobil tidak membuang arah sebagai ciri tie rod rusak ketika dalam perjalanan.

>>> Ini pentingnya mendeteksi sejak dini kerusakan kaki-kaki di mobil Anda

Gejala kedua dalam ciri tie rod rusak ialah ban aus tidak merata. Untuk mengetahuinya, Anda harus menginspeksi kedua ban depan. Perhatikan perbedaan keduanya, apabila ada tanda aus yang terlihat aneh, sebaiknya segera periksa tie rod mobil Anda. Untuk memastikannya, cobalah untuk menggoyangkan ban. Jika ban dapat digoyangkan ada kemungkinan permasalahan pada tie rod.

Ciri tie rod rusak ketiga adalah muncul suara hentakan seperti besi yang saling berbenturan. Kondisi tersebut menandakan tie rod longgar. Jika dibiarkan, kerusakan bisa semakin parah dan mempengaruhi komponen lainnya. Kondisi seperti ini juga bisa dirasakan ketika kemudi diputar, di mana respon ban terhadap putaran kemudi tak selaras atau ketinggalan. Kemudi pun terasa seperti longgar atau kehilangan cengkeraman.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Pengemudi merasakan setir bergetar

Setir yang terasa bergetar sebagai tanda komponen tie rod rusak

Namun ciri tie rod rusak yang paling terasa adalah mobil bergetar. Jika mencapai kondisi ini berarti kerusakan tie rod sudah sangat parah karena ban bergerak liar sendiri atau tidak terhubung kuat dengan kemudi. Anda akan sulit untuk mengontrol kendaraan. Segera ke bengkel untuk diperbaiki. Semoga berguna tips dari kami.

>>> Dapatkan tips lainnya seputar mobil hanya di Mobilmo.com 

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?