Jadi Salah Satu Sumber Kelistrikan Mobil, Jangan Malas Mengecek Aki Mobil

05/10/2019 | Arfian Alamsyah

Gambar menunjukkan Aki mobil Nissan All New Livina 2019

Aki bisa dibilang sebagai 'bak penampungan' listrik untuk kebutuhan mobil

Pada mobil-mobil modern nan kekinian. Keberadaan aki mobil sebagai 'bak tampung' listrik makin krusial. Karena, hampis semua fitur yang ada pada mobil nowadays (jaman sekarang) mengandalkan listrik yang bersumber dari aki. Maka dari itu, karena menjadi salah satu sumber kelistrikan di mobil, jangan sekali-kali malas dalam mengecek aki mobil. Beginilah cara mudah mengecek dan melakukan perawatan aki.

>>> Yuk, kenali berbagai macam komponen yang menjadi penyusun aki

Gambar menunjukkan Alternator mobil Nissan All New Livina

Pastikan alternator sehat agar pengisian ke aki tidak bermasalah

Untuk pengecekan standar aki sebenarnya sangat mudah, pertama pastikan kutub masing-masing aki terikat kencang. Baik kutub positif (+) maupun negatif (-). Fungsinya adalah, apabila salah satu kutub atau terminal aki tidak kencang, maka suplai pengisian aki dari alternator akan terhambat dan tidak optimal. Kedua jangan malas mengecek volume air aki, pastikan air aki volumenya mencukupi dan selalu diatas batas atas (penuh).

>>> Aki tekor bisa bikin mobil mogok, yuk hindari kebiasaan-kebiasaan ini

Gambar menunjukkan Mesin 4A91 Nissan Mitsubishi

Mesin modern lebih membutuhkan listrik untuk mensulpai sensor-sensor

Terakhir pastikan penampang kotak aki tidak ada yang rusak, berpotensi bocor atau rembes. Karena, cairan elektrolit yang bocor akan menyebabkan sel aki tidak terendam dengan benar. Sel aki yang kering akan langsung binasa alias rusak dan tidak lagi dapat digunakan. Mengecek aki adalah penting dan mandatory, karena pada mesin modern saat ini pun sangat bergantung dengan suplai listrik guna mengaktifkan sensor-sensor pada mesin.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?