Inilah Masalah Yang Akan Terjadi Apabila Mengganti Fuel Pump Tidak Sesuai Standar Pabrik

30/05/2019 | Arfian Alamsyah

Fuel pump atau yang lazim juga disebut dengan pompa bensin adalah salah satu part yang vital di sistem saluran bahan bakar sebuah mobil. Sebagai peranti elektronik, tentunya peranti ini juga memiliki usia pakai dan harganya biasannya tidak murah. Karena harganya yang tidak murah tersebut maka tak heran sparepart imitasi maupun substitusinya melimpah di pasaran sparepart mobil. Namun, Anda harus waspada, karena inilah masalah yang akan terjadi akibat mengganti fuel pump tidak sesuai standar pabrik.

>>> Inilah cara mudah untuk memeriksa kompresi mesin mobil Anda

Posisi fuel pump didalam tangki BBM

Inilah fuel pump yang berfungsi mensuplai BBM ke injektor untuk kemudian di masukkan ke mesin

For more your information, didalam sebuah tangki bensin mobil kekinian itu pompa bensin alias fuel pumpnya diletakkan di tangki. Pompa bensin atau fuel pump jenis ini juga lazim disebut dengan submarge fuel pump. Letak pompa bensin itu idelanya terletak hampir dasar tangki atau malah benar-benar di dasar tangki. Tujuannya, agar BBM benar-benar dapat tersedot sampai habis dan disalurkan kedalam mesin. Didalam tangki bensin mobil zaman now, juga terdapat sekat-sekat yang berfungsi untuk mencegah BBM 'berpindah' ketika manuver ekstrim.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak fuel pump terpasang di tangki BBM

Mobil kekinian, umumnya fuel pump atau pompa bensinya terletak di dalam tangki BBM

Nah, ketika fuel pump diganti dengan produk yang tidak sesuai spesifikasi atau tidak sesuai standar pabrik, misalnya lebih pendek dari standarnya, maka ada potensi mobil mogok. Hal ini disebabkan lantaran pompa bensin enggak dapat menyedot sisa BBM didalam tangki. Alhasil, suplai BBM ke mesin pun terhenti dan mobil 'batuk-batuk' karena kehilangan BBM yang dapat dibakar di dalam mesin. Untuk itu, ketika Anda hendak mengganti fuel pump karena sudah rusak, belilah yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan standar pabrik.

>>> Inilah alasan mengapa harus menggunkan oktan BBM yang sesuai dengan rekomendasi pabrik

Tampak pompa bensin

Inilah bagian dalam dari fuel pump atau pompe bensin

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?