Ini Alasan Mengapa Mobil Slalom Dominan Dengan Mobil Penggerak Roda Depan

01/08/2019 | Arfian Alamsyah

Olahraga slalom merupakan salah satu cabang olahraga otomotif yang berkembang dan mengutamakan ketangkasan mengemudi. Motorsport jenis ini cukup digemari di Indonesia karena relatif hemat biaya baik dalam hal penyelenggaraan dan biaya mempersiapkan mobil untuk berkompetisi. Dan jika diperhatikan mobil yang dominan ikut ajang ini adalah mobil dengan penggerak roda depan. Ini adalah alasan tekniknya.

>>> Anda berminat turun reli pertama kali? Ini alasannya kenapa harus mulai dari FWD

Mobil Toyota Agya Slalom

Toyota Agya merupakan mobil yang favorit untuk diajak slalom

Mobil dengan penggerak roda depan umumnya memiliki radius putar yang baik, sebab as roda menjadi satu dengan sistem penggerak. Jadi ackermann steering angle-nya lebih dapat dimaksimalkan kerebahannya. Hal tersebut membuat mobil FWD atau yang berpenggerak roda depan menjadi lebih dominan saat mengikuti ajang slalom. Mobil FWD atau Front Wheel Drive ini juga diklaim lebih presisi dalam melakukan manuver.

>>> Mending FWD atau RWD? Ini masing-masing kelebihan dan kekurangannya

Gambar Menunjukkan Toyota Agya Melakukan Slalom

Mobil FWD lebih sempit radius putarnya sehingga lebih lincah

Maka jangan heran jika mobil FWD lebih dominan ikut slalom dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang atau bahkan AWD (All Whell Drive). Jadi itulah alasan mengapa mobil slalom dominan dengan mobil berpenggerak roda depan dan marak digunakan untuk ajang slalom. Adapun mobil-mobil yang dominan di ajang slalom seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio hingga Honda Jazz.

>>> Temukan tips teknik dengan bahasan mendalam hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?