Ini Alasan Mengapa Mobil Slalom Dominan Dengan Mobil Penggerak Roda Depan

01/08/2019| Arfian Alamsyah

Olahraga slalom merupakan salah satu cabang olahraga otomotif yang berkembang dan mengutamakan ketangkasan mengemudi. Motorsport jenis ini cukup digemari di Indonesia karena relatif hemat biaya baik dalam hal penyelenggaraan dan biaya mempersiapkan mobil untuk berkompetisi. Dan jika diperhatikan mobil yang dominan ikut ajang ini adalah mobil dengan penggerak roda depan. Ini adalah alasan tekniknya.

>>> Anda berminat turun reli pertama kali? Ini alasannya kenapa harus mulai dari FWD

Mobil Toyota Agya Slalom

Toyota Agya merupakan mobil yang favorit untuk diajak slalom

Mobil dengan penggerak roda depan umumnya memiliki radius putar yang baik, sebab as roda menjadi satu dengan sistem penggerak. Jadi ackermann steering angle-nya lebih dapat dimaksimalkan kerebahannya. Hal tersebut membuat mobil FWD atau yang berpenggerak roda depan menjadi lebih dominan saat mengikuti ajang slalom. Mobil FWD atau Front Wheel Drive ini juga diklaim lebih presisi dalam melakukan manuver.

>>> Mending FWD atau RWD? Ini masing-masing kelebihan dan kekurangannya

Gambar Menunjukkan Toyota Agya Melakukan Slalom

Mobil FWD lebih sempit radius putarnya sehingga lebih lincah

Maka jangan heran jika mobil FWD lebih dominan ikut slalom dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang atau bahkan AWD (All Whell Drive). Jadi itulah alasan mengapa mobil slalom dominan dengan mobil berpenggerak roda depan dan marak digunakan untuk ajang slalom. Adapun mobil-mobil yang dominan di ajang slalom seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio hingga Honda Jazz.

>>> Temukan tips teknik dengan bahasan mendalam hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International