Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Ditinggal Mudik

28/05/2018| Abdul

Para pembaca, tentunya Anda tidak ingin terjadi hal yang dapat merepotkan bukan saat Mobil ditinggal mudik kemudian saat digunakan lagi tidak bisa menyala atau ada masalah. Berikut ini terdapat beberapa hal supaya performanya tetap terjaga ketika akan dipakai setelah lama ditinggal mudik lebaran.

“Antara mobil dengan transmisi manual dan otomatis ada perbedaannya. Lebih mudah untuk mobil manual perawatannya. Lalu kemudian dilihat berapa hari mobil tersebut akan ditinggal,” Jelas Dolf Valentino, Service Manajer Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi salah satu media.

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan saat Mobil ditinggal mudik adalah memperhatikan rem tangan. Jadi ketika Anda meninggalkan kendaraan di dalam garasi rumah sebaiknya tidak mengaktifkan hand brake atau rem tangan. Karena jika rem tangan diaktifkan selama berhari-hari dapat terkena udara lembab dan beresiko menjadi lengket. Alhasil rem menjadi macet dan tetap mengunci saat akan digunakan.

Gambar ini menunjukkan rem tangan pada Mobil dengan warna hitam dan ponsel disampingnya

Jangan mengunci tuas rem saat ditinggal mudik terlalu lama

Pihak Dolf juga memberikan saran, “Solusinya gunakan ganjelan ban. Agak repot bagi yang permukaan garasinya tidak datar, tapi usahakan tidak menggunakan rem tangan bila mobil ditinggal dalam kurun waktu seminggu,” ucapnya.

Untuk tips selanjutnya adalah dengan mencopot kutub minus aki saat berniat meninggalkan Mobil selama lebih dari 2 minggu. Tujuannya adalah menjaga kondisi aki tetap baik dan tidak soak ketika akan digunakan kembali. Untuk cara ini berguna pada Mobil dengan transmisi manual. Untuk lebih amannya bisa dengan melepas kedua kutub aki jika tidak mengetahui mana minus dan mana yang plus.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Adapun alasan mengapa Mobil transmisi matic tidak boleh melakukan pelepasan kutub aki adalah dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer pada kendaraan. Mengingat teknologi yang digunakan antara Mobil manual dan matic berbeda, jadi perlu kewaspadaan yang lebih.

Gambar ini menunjukkan dua buah tangan sedang memegang kutub aki mobil

Kutub aki mobil terdapat dua buah yaitu positif (+) dan negatif (-)

“Kemudian usahakan transmisi berada di posisi Netral. Untuk mobil transmisi otomatis dapat menggunakan fitur shift lock guna memindahkan posisi transmisi dari P ke N,” ucap Dolf.

Adapun hal yang dapat dilakukan saat Mobil ditinggal mudik selanjutnya adalah mengangkat wiper. Seperti yang diketahui, bahwa kinerja wiper saat dalam kondisi hujan sangat penting. Yakni menjaga kaca Mobil tetap memiliki pandangan yang baik untuk pengemudi sehingga dapat melihat jalan dengan jelas.

>>> Baca juga,  7 Mobil Bekas di Bawah 100 Juta Terbaik  yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Apabila wiper tidak diangkat dan tetap menempel pada kaca saat ditinggal mudik, dikhawatirkan karet wiper akan menempel pada kaca dan mengurangi kinerjanya. Tentunya tidak ada yang menginginkan wipernya tidak bekerja maksimal saat hujan turun yang berakibat kaca tampak buram dan beresiko terjadi kecelakaan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang wiper mobil

Wiper Mobil memiliki fungsi sangat penting apalagi saat turun hujan

Akan tetapi ada yang beranggapan lain masalah pelepasan kutub aki mobil, yang menyebutkan bahwa tidak perlu melepas aki Mobil saat ditinggal dalam waktu yang lama. Anggapan tersebut berasal dari Aedy Damhudy selaku Workshop Head PT Astra International Tbk-Isuzu Warung Buncit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Berita otomotif Mobil terbaru

"Mobil sekarang beda dengan mobil zaman dulu, kalau mobil konvensional masih pakai platina nggak ada aksesoris apa-apa itu nggak ada arus apapun, kalau zaman sekarang harus hati-hati malah apalagi kalau sudah computerized kalau baterai dicabut biar akinya awet baterai harus dilepas coba aja ikutin itu, nanti pas pulang-pulang malah mobil nggak bisa nyala lagi," ujarnya.

Menurutnya terdapat beberapa bagian Mobil yang tetap harus mendapatkan suplai daya listrik walaupun mesin tidak menyala.

"Biarkan aja, karena sama seperti komputer ada arus yang harus selalu di-supply ke control unit, ketika diputus ya harus di-reset lagi control unitnya," tambah Aedy.

>>> Mungkin tertarik, Lakukan Pengecekan Interior Mobil Sebelum Mudik Agar Perjalanan Lebih Nyaman

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tutup kutub aki mobil warna merah

Aki Mobil merupakan sumber dya listrik yang disalurkan menuju komponen kelistrikan Mobil

Pihaknya menyarankan untuk menstarter kendaraan selama 5 sampai 10 menit yang dilakukan secara berkala. Akan tetapi jika tidak ada waktu untuk melakukannya bisa mendiamkan tanpa adanya pelepasan aki atau kabelnya.

"Disarankan distarter berkala, lebih baik ditinggal aja daripada lepas baterai, jangankan sebulan dilepas sebentar aja ada error, ada sistem yang dipulihkan lagi, itu untuk mobil tahun 80-90an," tambah Aedy.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan saat Mobil ditinggal mudik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Berniat Membeli atau Menjual Mobil, Kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com !

Berita sama topik

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019| Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    11/06/2018| Abdul

    Pentingnya Karpet Mobil Yang Wangi Saat Perjalanan Mudik Dan Liburan

    Perjalanan mudik membutuhkan berbagai rencana yang matang, agar dapat sampai kampung halaman dengan aman serta nyaman. Selain mempersiapkan kondisi tubuh tetap fit baik Anda sebagai pengemudi dan juga keluarga, kondisi Mobil juga perlu beberapa sentuhan. Seperti misalnya perawatan, kebersihan dan hal lain yang mendukung kenyamanan dalam perjalanan. salah satu hal yang dapat menjadikan perjalanan mudik lebih berkesan adalah karpet Mobil yang wangi.

  • Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    31/05/2018| Fat

    Pastikan Ban Mobil Kamu Oke Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Sederhana Ini

    Mudik pakai mobil pribadi, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain bekal di perjalanan dan selama liburan di kampung halaman, kondisi tubuh sehat wal afiyat, juga harus memastikan mobil dalam kondisi prima di semua bagian. Mulai dari mesin, sistem pengereman, kelistrikan atau fungsi perlampuan hingga yang tak kalah penting ban mobil kamu oke.

International