Cara Irit Bahan Bakar Mobil Melalui Sistem Pengemudian

01/01/2018| Mobilmo.com

Pertanyaan berdatangan tentang masalah kendaraan, seperti misalnya cara irit bahan bakar Mobil. Apakah  hal tersebut bisa dilakukan sementara dari pihak pabrikan sudah diatur sedemikian rupa. Tenang, hal tersebut bisa saja, salah satunya adalah dengan sistem pengemudian yang dilakukan. Jadi dengan berkendara yang baik dan benar dapat menghasilkan BBM menjadi lebih hemat. Penasaran bukan, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya di bawah ini tentang cara hemat bahan bakar Mobil berdasarkan sistem pengemudian.
  1. Berkendara sesuai dengan batas kecepatan

bahan bakar mobil adalah dengan menstabilkan laju Mobil yang Anda kendarai. Jadi ketika Mobil bertahan dengan batas kecepatan yang stabil pengeluaran BBM juga stabil. Namun pada saat Anda menaikkan laju kecepatan tentunya BBM juga akan berkurang lebih cepat bersamaan dengan bertambahnya kecepatan Mobil Anda.

  1. Mengatur putaran mesin Mobil
Hal ini hampir sama dengan tips pertama, yang dimana untuk kali ini jangan sampai putaran terlalu tinggi atau rendah. Yang dimana apabila putaran mesin secara konstan merendah atau tinggi menjadikan pengeluaran bahan bakar lebih besar. Adapun putaran mesin yang ideal dan direkomendasikan adalah berada pada angka 3000 rpm.
  1. Menjaga jarak dengan Mobil atau kendaraan lain di depan

  • Menambah kecepatan secara bertahap
  • Setelah melihat tips nomer 3 masalah irit bahan bakar mobil tentunya bertanya-tanya bagaimana menaikkan kecepatan. Jadi ketika Mobil melambat untuk menambah kecepatannya kembali dengan cara perlahan, karena jika langsung menekan gas secara dalam bisa menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar.
    1. Menggunakan gigi yang pas
    Apabila menggunakan gigi rendah saat berkendara secara terus menerus dan juga menggunakan gigi tinggi saat di tanjakan akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Jadi gunakanlah gigi yang tepat seperti menggunakan gigi rendah saat melewati tanjakan.
    1. Jangan berhenti dengan kondisi mesin menyala dalam waktu yang lama
    Pada saat Mobil berhenti lebih dari 1 menit sebaiknya mesin dimatikan supaya bahan bakar tidak terbuang percuma. Tidak hanya itu saja, untuk Mobil baru tidak perlu waktu banyak untuk memanaskan Mobil hanya beberapa detik saja.
    1. Menyalakan AC Mobil
    Untuk yang satu ini biasanya lebih efisien pada Mobil baru karena efisiensi bahan bakar tidak berpengaruh. Bahkan jika tidak menggunakan ac dan kaca dibuka bisa memperlambat kendaraan sehingga pengemudi harus menekan gas lebih dalam yang menjadikan konsumsi bahan bakar lebih banyak.
    1. Parkir Mobil di tempat yang teduh

  • Menghindari cuaca buruk dan juga kemacetan
  • International