Tips Berhenti di Pinggir Jalan yang Aman

28/12/2017 | Mobilmo.com

Berhenti di pinggir jalan memang sering dilakukan oleh pengendara Mobil. Hal tersebut dikarenakan faktor istirahat atau sedang ada telpon dari teman. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, akan tetapi kadang pengendara Mobil tidak melihat keadaan sekitar sehingga hal yang memang diperlukan menjadi berbahaya bagi pengendara lain. Oleh sebab itulah sangat diperlukan tata cara berhenti di pinggir jalan yang baik dan benar demi keamanan pribadi dan juga pengendara lainnya. Bagi Anda pengendara Mobil yang ingin berhenti di pinggir jalan sebaiknya mengetahui beberapa tips yang akan diberikan di bawah ini. Tulisan ini terinspirasi dari Saya sendiri yang geram melihat atau berpapasan dengan pengemudi yang asal belok minggir tanpa melihat keadaan. Jika pengendara lain kurang waspada maka bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Lihat situasi atau belakang Anda
  • Untuk tiops yang kedua adalah cara berbelok ke pinggir. Jadi sebelum Anda menepi sebaiknya melihat kondisi belakang Mobil Anda, apakah terdapat pengendara lain yang terlalu dekat atau tidak. Jadi ketika ada kendaraan yang terlalu dekat sebaiknya nyalakan lampu sein dan kasih kode klakson atau tangan melambai sambil mengurangi kecepatan secara perlahan supaya kendaraan di belakang menyalip terlebih dahulu. Jika dipastikan aman barulah Anda bisa berbelok, jangan sampai saat ingin berbelok dengan mengerem mendadak langsung berbelok karena hal tersebut sangat berbahaya.

  • Jangan berhenti di tikungan
  • Hal ini yang sering membuat geram pengendara lain. Saat Mobil berhenti atau menepi di belokan tentunya pandangan ke arah depan menjadi terhalang, hal tersebut membuat pengendara lain tidak tahu apakah terdapat Mobil yang berpapasan atau tidak. Jika pengendara di belakang langsung menyalip dan di depannya ada Mobil lain berpapasan pastinya dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu hindari berhenti di belokan demi keselamatan pengendara lain.
    1. Berhenti setelah belokan
    Selanjutnya yang juga tak kalah membahayakan adalah berhenti sehabis belokan. Bagaimana tidak, ketika pengendara melewati belokan dan tiba-tiba terdapat Mobil yang sedang berhenti pastinya dapat mengagetkan. Jika kurang kewaspadaan bisa saja menabrak Mobil yang sedang berhenti tersebut.
    1. Hindari Berhenti di turunan atau tanjakan
    Tips terakhir bila ingin berhenti di pinggir jalan adalah jangan berhenti di jalan yang menanjak atau menurun. hal tersebut tentunya juga sangat berbahaya, karena saat Mobil melaju turun otomatis menggunakan sistem pengereman guna memperlambat mobilnya. Akan tetapi saat melihat Mobil di depannya dapat membuat pengereman bekerja dengan keras dan ketika akan menyalip dan di depan ada Mobil lain berpapasan bisa menabrak Mobil yang sedang berhenti tersebut.