Bukan Hanya Mesin Namun Aki Mobil Pun Perlu Dirawat Begini Tipsnya

02/09/2018| Metodius Getan Plue

Tapi tahukah Anda, kebanyakan orang malah cenderung abai untuk merawat dan mengetahui kondisi aki mobilnya. Aki perlu mendapatkan perawatan, meski perawatan ringan dan pengecekan ringan sekalipun tidak masalah, jika tidak akan berdampak pada pendeknya usia aki tersebut. Mobilmo.com telah memiliki pembahasan mengenai cara merawat aki yang tepat, simak ulasannya berikut ini.

Merawat Aki Basah Mobil Dengan Beragam Merek Aki Basah

Aki Basah Mobil (foto: shopanddrive.com)

Ada dua tipe aki, pertama adalah terdiri dari bahan yang tersusun dari beberapa plat yang terendam cairan elektrolit, tipe ini disebut dengan tipe Ventilated Lead Acid (VLA), aki ini sering disebut aki basah. Aki basah memiliki ventilasi yang dipakai sebagai media penguapan elektrolit baterai saat bekerja atau beroperasi. Lalu aki yang kedua adalah aki kering yang memiliki nama Valve Regulated Lead Acid (VRLA) atau juga Sealed Lead Acid (SLA) yang merupakan baterai dengan sifat atau karakteristik yang tertutup. Pada aki kering, proses penguapan elektrilit baterai jauh lebih sedikit sehingga lebih awet. Pada tips kali ini Mobilmo.com akan fokus membahas tentang tips merawat aki basah, simak pembahasannya hingga selesai.

Tips merawat aki basah:

1. Periksa Elektrolit Aki

Merawat Aki Basah Mobil Dengan Pengecekan Elektrolit Aki

Pengisian Air Aki (foto: Mobilku.org)

Pengecekan ini normalnya dilakukan sebulan sekali, mudahnya seperti ini, jika aki berkurang atau berada di bawah dari garis low level berarti sudah waktunya membutukan tambahan air aki.

>>> Ingin membeli mobil baru, jangan abaikan daftar review mobil terbaru dan terlengkap di sini

2. Periksa Terminal Aki

Merawat Aki Basah Mobil Dengan Pembersian Terminal Aki
Bersihkan
Terminal Aki (foto: zipitrans)

Tips kedua dalam merawat aki basah adalah periksa terminal akinya. Cara melihatnya sangat mudah, hanya memastikan bahwa terminal aki tersebut tidak berkarat, berjamur dan tidak longgar. Jika ditemukan jamur, cukup membersihkannya dengan air panas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

3. Panaskan Mobil

Meskipun jarang menggunakan mobil, salah satu cara untuk merawat aki adalah tetap memanaskan mobil setiap hari. Hal ini perlu dilakukan, pasalnya jika tidak, aku akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tersebut tidak digunakan.

4. Periksa Kualitas Aki

Merawat Aki Basah Mobil Dengan Mengecek Kualitas Aki

Pengecekan Kualitas Aki (foto: Ombro)

Untuk mengetahui akan kualitas aki yang mendekati pasti, Anda dapat menggunakan alat yang bernama load tester. Jika kualitas aki baik, dan dikombinasikan dengan beberapa tips tadi maka aki mobil pun akan tetap sehat dan tentunya tahan lama. Supaya tidak salah membedakan mana terminal aki yang positif (+) dengan terminal aki negatif (-), tinggal lihat saja mana terminal yang lebih besar ukurannya, maka terminal tersebut adalah positif (+) dan sebaliknya jika terminal tersebut kecil adalah terminal aki negatif (-).

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International