Beberapa Tanda Ring Piston Mobil Aus Yang perlu Diwaspadai

21/08/2019| Abdul

Ring piston merupakan salah satu komponen pada mesin yang terletak pada piston. Kinerjanya membantu sistem pembakaran dan menghalangi oli agar tidak masuk ke ruang bakar mesin. Bagian ini memang mempunyai umur yang panjang, namun saat bermasalah akan sangat merepotkan. Pemilik perlu mengetahui tanda ring piston mobil aus, tujuannya agar dapat segera dilakukan penggantian dan performa mobil tetap prima.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memasang ring piston mobil

Ring piston terpasang pada piston mobil

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Masalah lain yang ditimbulkan jika ring piston bermasalah adalah knalpot yang mengeluarkan asap. Tentunya asap tersebut menjadi polusi udara dan mengganggu pengendara lain yang berada di belakangnya.

Jadi keausan dari ring piston umumnya karena bagian sampingnya telah terkikis sehingga diameter total jadi berkuran. Hasilnya celah yang terdapat di dalam silinder menjadi semakin besar sehingga oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Berikut ini merupakan tanda ring piston mobil aus yang perlu diperhatikan.

1. Oli Pada Mesin Cepat Habis

Dengan adanya ring piston maka tidak akan ada celah antara bagian blok silinder dan piston, sehingga oli tidak mengalir menuju ke ruang bakar. Akan tetapi masalahnya jika ring piston mengalami keausan, maka oli akan mudah masuk menuju ruang bakar pada saat piston bekerja. Sehingga oli ikut terbakar dan volume oli mesin jadi cepat berkurang karena naik melalui celah yang lebar akibat ring piston aus.

>>> Baca Juga, Inilah Penyebab Ring Seher Mobil Patah Yang Perlu Diwaspadai

Gambar ini menunjukkan asap yang keluar dari knalpot mobil

Segera ganti saat ring piston bermasalah sebelum menjalar ke bagian lain

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Asap Putih Keluar Dari Knalpot

Selanjutnya yang menjadi tanda bahwa ring piston telah mengalami keausan adalah keluarnya asap dari knalpot dengan warna putih. Tanda yang kedua terdapat hubungan dengan poin yang pertama, yaitu oli menuju ke ruang bakar dan ikut terbakar sehingga knalpot keluar asap putih. Apabila mobil Sobat keluar asap putih agak kebiruan saat mesin menyala maka cobalah cek volume dari oli mesin. Jika ternyata olinya berkurang maka itu menandakan bahwa ring piston telah aus.

3. Suara Masan Terasa Sedikit Kasar

Pada saat kondisi mesin normal maka suaranya akan halus dan nyaman dikendarai. Berbeda jika kompresi bocor maka suara mesin menjadi agak kasar dan terasa kurang nyaman saat mendengarnya. Tentunya hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan perjalanan yang sedang dilakukan ke tempat yang dituju. Adanya suara kasar tersebut menjadi salah satu tanda ring piston mobil aus dan perlu segera dilakukan penggantian.

Dengan mengetahui beberapa tanda di atas diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap mobil yang dimiliki. Pengecekan dan perawatan secara berkala perlu dilakukan dengan tujuan agar kondisi mobil tetap prima dan apabila ada kerusakan kecil dapat segera diatasi sebelum berubah menjadi besar.

>>> Lihat Juga, Mengetahui Fungsi Piston Mobil Dan Perawatannya

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja dari piston mobil

Ring piston ais bisa membuat suara mesin kasar dan performa menurun

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tanda ring piston mobil aus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International