Beberapa Peralatan Di Dalam Garasi Yang Perlu Disiapkan

05/07/2018 Abdul Perawatan mobil

Mempunyai Mobil sebagai kendaraan keluarga atau pribadi bisa jadi merupakan hal yang membahagiakan. Biasanya terdapat garasi di rumahnya, meskipun kadang ada yang tidak memilikinya. Namun bagi yang mempunyai sebaiknya mempunyai beberapa peralatan di dalam garasi yang terbilang cukup penting.

Peralatan di dalam garasi bisa membantu Anda saat akan memperbaiki hal kecil pada kendaraan. Seperti misalnya saat ingin mengganti ban Mobil sendiri atau melakukan hal lain pada Mobil kesayangan.

Nah berikut ini merupakan beberapa peralatan yang bisa disediakan di garasi rumah Anda.

1. Lampu penerangan

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil di dalam garasi dalam keadaan terang

Garasi Mobil dengan pencahayaan yang terang akan lebih mudah dalam mencari barang yang terjatuh

Kita tidak tahu kapan harus memperbaiki sesuatu hal kecil atau besar pada kendaraan. Namun dengan menyediakan penerangan pasti sangat membantu saat berada di garasi. Misalnya saat kunci Mobil atau barang berharga lain terjatuh di garasi pasti akan kebingungan jika tidak ada lampu penerangan. Selain itu saat melakukan perbaikan terdapat barang kecil yang tidak boleh dihilangkan seperti baut, mur ataupun benda lainnya. oleh sebab itu memasang lampu penerangan dengan cahaya yang pas sangat diperlukan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

2. Kunci momen atau Torque Wrench

gambar ini menunjukkan kunci momen atau torque wrench dengan berbagai macam model untuk ujungnya

Penggunaan kunci momen bisa berguna jika terdapat baut yang kendur

Pada setiap bagian kendaraan biasanya terdapat pengunci seperti baut dan mur supaya tidak terlepas dari tempatnya. Baut ataupun mur bisa saja kendor akibat getaran atau hal lainnya, oleh sebab itu dengan adanya peralatan di dalam garasi seperti torque wrench sangatlah membantu. Jika mendapati mur ataupun baut yang kendor bisa langsung mengencangkannya tanpa harus ke bengkel atau meminjam ke tetangga sekitar. Bahkan untuk kunci momen ini biasanya dilengkapi dengan pengukur kekencangan sehingga lebih mudah dalam pengoperasiannya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

3. Sarung tangan kerja

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memakai sarung tangan berwarna putih

Penggunaan sarung tangan kerja berfungsi untuk keselamatan

Pada saat memperbaiki kendaraan membutuhkan keamanan yang lebih agar tidak terjadi goresan atau hal yang tidak diinginkan. Menggunakan sarung tangan bisa jadi pilihan yang tepat supaya tetap aman dalam melakukan perbaikan atau pengecekan komponen pada Mobil. tidak perlu jadi profesional untuk memakai sarung tangan kerja.

4. Kotak penyimpanan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kotak penyimpanan perkakas di dalam garasi

Dengan adanya kotak penyimpanan maka garasi Mobil akan lebih rapi

Untuk menjaga kerapian dan kenyamanan di dalam garasi, menyediakan tempat penyimpanan barang diperlukan. Jadi peralatan atau barang lain bisa dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, dengan begitu tidak akan terlihat berantakan. Ditambah lagi saat berada di dalamnya akan enak dipandang. Biasanya saat terdapat barang atau kunci yang tercecer bisa berakibat kehilangan. Entah lupa menaruhnya ataupun kesenggol saat berjalan sampai terlempar entah kemana.

>>> Baca juga, Apa yang Harus Diperhatikan ketika Memasang Dash Cam Mobil? yang diulas oleh cintamobil.com

5. Dongkrak

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegang dongkrak dan di depannya terdapat mobil warna putih

Penggunaan dongkrak juga diperlukan saat ingin mengganti ban Mobil di jalan

Peralatan di dalam garasi yang terbilang cukup penting adalah dongkrak atau jack stand. Yang mana masalah pada ban Mobil tidak tahu kapan terjadi, bisa di perjalanan ataupun saat berada di rumah. Oleh sebab itu menyediakannya di garasi rumah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain itu dongkrak juga harus terdapat di Mobil untuk berjaga-jaga saat terjadi masalah di jalan.

6. Kompresor udara

Gambar ini menunjukkan kompresor udara dan terdapat tulisan fiac

Kompresor udara dapat digunakan untuk menambah tekanan angin ban Mobil jika kempes

Jika dibilang kompresor memang penting tak penting, mengingat fungsinya yang jarang digunakan. kompresor udara termasuk dalam alat untuk merawat ban Mobil yakni dengan mengisi tekanan angin yang ideal saat kekurangan . Apabila menggunakan pompa maka tekanannya akan berat dan bisa menyulitkan diri sendiri. Jika bisa, tidak salah menyediakannya di garasi. Akan tetapi apabila tidak ada ya nggak masalah.

>>> Mungkin tertarik, Tak Boleh Sembrono, Ini Panduan Cek Tekanan Angin Ban Mobil

7. Pemadam api

Gambar ini menunjukkan 2 buah alat pemadam api dengan ukuran yang berbeda

Adanya pemadam api untuk langkah antisipasi saat terjadi kebakaran di garasi Mobil

 Kebakaran bisa terjadi kapan saja tanpa diketahui kapan waktunya. Apalagi saat berada di dalam ruangan yang tertutup dan terdapat benda atau barang yang mudah meledak maka membutuhkan alat pemadam atau biasa disebut fire extinguisher. Hal tersebut untuk langkah jaga-jaga untuk keadaan mendadak. Seperti yang sudah diketahui, bahwa Mobil terdapat cairan yang bisa meledak seperti bensin dan juga mempunyai sumber listrik yang kuat yakni aki. Memang setiap orang tidak ingin kebakaran terjadi di tempatnya, namun menyediakan alat pemadam merupakan langkah untuk waspada.

Dengan adanya peralatan di dalam garasi yang berguna untuk hal teknisi ataupun lainnya, akan membuat lebih tenang saat berada di dalamnya. Oh ya, jangan lupa pula menyediakan obat-obatan untuk langkah pertama seperti plester saat terjadi goresan pada kulit. Selain itu, aturlah dengan rapi baik itu perkakas atau benda lain di dalam garasi Mobil.

>>> Bingung cari Mobil yang berkualitas dan sesuai kebutuhan? Kunjungi dulu cintamobil.com, siapa tau ada yang cocok !

Mungkin anda ingin baca

  • Beberapa Perawatan Mobil di Musim Panas Yang Dapat Dilakukan

    Beberapa Perawatan Mobil di Musim Panas Yang Dapat Dilakukan

    15/07/2018

    Melakukan perjalanan bersama keluarga memang lebih nyaman menggunakan Mobil pribadi. Dibandingkan harus naik angkutan umum yang harus berdesak-desakan dan menunggu di terminal. Namun dalam hal ini perawatan Mobil di musim panas juga diperlukan, apalagi saat musim panas yang membuat tubuh mudah lelah dan kondisi Mobil perlu lebih ekstra dalam menjaganya.

  • Oh Ini Penyebab Velg Mobil Panas Yang Berlebih

    Oh Ini Penyebab Velg Mobil Panas Yang Berlebih

    15/07/2018

    Velg Mobil merupakan tempat ban yang terhubung dengan poros roda. Biasanya bagian ini tidak akan terjadi panas berlebih saat digunakan dalam perjalanan. Akan tetapi jika velg Mobil panas terlalu berlebih, apa penyebabnya?

  • Waspada, Masalah Mobil saat Musim Kemarau Yang Perlu Diperhatikan

    Waspada, Masalah Mobil saat Musim Kemarau Yang Perlu Diperhatikan

    15/07/2018

    Musim kemarau telah tiba, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh dan juga kendaraan yang dimiliki. Mengingat Mobil sebagai alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat atau lokasi kerja. Jadi terdapat hal yang perlu diperhatikan, seperti masalah Mobil saat musim kemarau yang perlu diperhatikan.