Arus Balik: Beberapa Bagian Mobil Yang Perlu Dicek Sebelum Perjalanan Ke Kota

18/06/2018| Abdul

Adapun pengecekan ini bertujuan supaya saat dalam perjalanan terasa aman dan nyaman serta tidak terjadi masalah yang kadang menghantui. Ditambah lagi jalanan yang sering macet saat musim arus balik lebaran. Oleh sebab itu semuanya harus dipastikan benar-benar prima.

Berikut ini merupakan beberapa bagian Mobil yang perlu dicek sebelum ikut nimbrung dalam arus balik lebaran.

1. Oli mesin Mobil

Gambar ini menunjukkan sebiah tangan memegang botol oli dan menuangkannya di tangki oli dalam mobil

Oli mesin pada Mobil harus dilakukan pergantian secara berkala

Jadi sebelum melakukan perjalanan, hal pertama yang perlu dilakukan pengecekan adalah oli mesin. jangan sampai melakukan perjalanan dengan kondisi oli yang sudah waktunya pergantian atau tidak layak pakai. Apalagi sampai  kering yang tentunya malah dapat merusak komponen mesin Mobil. seperti yang telah diketahui, bahwa fungsi oli adalah untuk melumasi komponen permesinan sehingga tidak terjadi gesekan langsung antar komponen.

Oleh sebab itu disarankan membawanya ke bengkel resmi supaya dilakukan pemeriksaan. Apabila disarankan untuk mengganti maka lebih baik mengikutinya demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

2. Minyak rem

Gambar ini menunjukkan tempat minyak rem pada mobil yang letaknya di dekat mesin

Apabila minyak rem habis dapat beresiko terjadinya rem blong

Minyak rem mempunyai fungsi yang penting, yakni memberikan tekanan pada piston rem. Fungsi lainnya adalah untuk menggerakkan sepatu rem supaya dapat melakukan pengereman dengan maksimal. jadi jangan sampai kehabisan karena bisa saja rem menjadi tidak bisa digunakan dengan semestinya, dan yang paling parah adalah rem blong.

Jadi sangat disarankan ketika melakukan pengecekan oli juga sekalian minyak remnya. Selain itu, pengecekan bagian rem lain seperti kampas rem juga diperlukan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

3. Ban cadangan

Gambar ini menunjukkan ban cadangan di dalam bagasi Mobil

Memastikan kondisi ban cadangan baik sebelum perjalanan sangat diperlukan

Bagian Mobil yang perlu dicek selanjutnya adalah ban cadangan. Kadang hal ini sering disepelekan karena pada saat ban cadangan kondisi bagus tidak terjadi masalah. jadi pastikan ban cadangan dalam kondisi prima meliputi tekanan angin, kelayakan pelek, kembangan ban dan lainnya yang dirasa penting.

Kalau masalah berapa jumlah ban cadangan yang dibutuhkan disarankan 2. Karena jarak tempuh yang jauh perlu persiapan lebih.

>>> Mungkin tertarik, Tak Boleh Sembrono, Ini Panduan Cek Tekanan Angin Ban Mobil

4. Lampu Mobil

Gambar ini menunjukkan headlamp pada mobil warna hitam dengan desain yang sangat keren

Cek bagian lampu pada kendaraan untuk berjaga-jaga perjalanan sampai malam hari

Lampu Mobil juga memiliki peranan yang sangat penting dalam perjalanan, terutama di malam hari. lampu ini terdiri dari beberapa seperti headlamp, lampu sein, fog lamp, lampu rem dan lainnya. pastikan semuanya bekerja dengan semestinya, sehingga perjalanan yang ditempuh menjadi lebih nyaman.

Bahkan di siang hari pun lampu utama sangat penting, jika tidak bisa ditilang Pak Polisi. Anda bisa melakukan pengecekan saat mengganti oli dan minyak rem. Jika dirasa sudah redup atau putus, sebaiknya dilakukan pergantian dengan yang baru.

>>> Baca juga, Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah yang ditawarkan oleh cintamobil.com

5. Perlengkapan tambahan

Gambar ini menunjukkan alat perkakas kendaraan dengan berbagai ukuran dan bentuk dan tempatnya berwarna merah

Persiapan perkakas bisa berguna jika terjadi masalah di perjalanan

Bagian Mobil yang perlu dicek terakhir adalah perlengkapan tambahan yang tentunya juga memiliki fungsi yang cukup penting. Seperti misalnya memastikan kondisi dongkrak berfungsi dengan baik, kelengkapan kunci untuk berjaga-jaga, pengukur tekanan ban dalam keadaan normal, baut roda cadangan yang baik atau tidak aus dan lainnya.

Selain itu, jangan lupa pula membawa kotak P3K yang telah terisi obat-obatan serta plester dan perlengkapan kesehatan. Oh iya, beberapa peralatan lain seperti segitiga pengaman, kabel jumper aki juga perlu dibawa untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat.

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Berita sama topik

International