Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

05/09/2019 | Abdul

Kebutuhan sehari-hari membuat seseorang enggan mengeluarkan dana untuk membeli sebuah mobil listrik. Hal tersebut tentu sesuatu yang maklum, meskipun dalam hati kecil serasa ingin segera memilikinya. Akhirnya mau tidak mau perlu sedikit demi sedikit menyisihkan uang agar nantinya bisa digunakan membeli atau mengganti mobil yang dimiliki dengan kendaraan listrik. Mungkin dari beberapa pemilik mobil akan terpikirkan untuk melakukan modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik.

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen mesin mobil dengan beberapa kabel yang tersambung

Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik yang dilakukan memakai mobil klasik

>>> Andal di medan off-road inilah kelebihan utama dari gardan solid axle

Berkaitan dengan masalah tersebut, ternyata sudah ada yang melakukan modifikasi yaitu Zelectric Motors dan EV West yang berasal dari California, Amerika Serikat.  Beberapa kendaraan yang sudah diupreknya adalah Porsche 911, Volkswagen Beetle, Toyota MR2 dan masih banyak lagi.

Jadi sehubungan dengan modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik bukan tanpa alasan. Hal tersebut telah diungkapkan oleh Bernardo selaku CEO Zelectric Motors berhubungan dengan modifikasi yang dilakukan.

"Senyap, tidak berbau, tidak meneteskan oli. Kamu tidak perlu memanaskannya setiap pagi. Tidak perlu mengutak-atik mobil tersebut setiap akhir pekan. Jika ada masalah, kamu bisa membawanya ke tempat yang biasa memperbaiki mobil golf," terangnya.

Bahkan dari pihak Zelectric Motors memberikan penawaran jasa konversi, untuk biaya yang diperlukan mulai dari $56.000 (bila dirupiahkan mencapai Rp. 749.304.000 jutaan). Jadi dari pihak Zelectric mengandalkan motor AC yang berasal dari Tesla Model S. Yang mana nantinya motor tersebut akan dihubungkan menuju ke bagian baterai lithium Iron Phosphate (LiFePO4).

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Porsche 911 dengan warna putih tampak bagian depan

Beberapa mobil telah dilakukan konversi termasuk Porsche 911

>>> Ini alasan teknis mengapa mesin dengan karakter overbore lebih tahan digeber pada putaran tinggi

Bahkan pihak Michael Bream dari EV West juga mempunyai alasan mengapa untuk melakukan modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik mengandalkan mobil klasik. Jadi alasannya adalah untuk memperpanjang usia dari kendaraan yang menempati era dimana pada saat itu emisi sangatlah diperhatikan.

"Sistem gerak elektriknya mengurangi kebutuhan untuk servis yang terus menerus dilakukan (pada mobil klasik)," tambahnya.

Bahkan dari pihak EV West juga memberikan penawaran jasa paket konversi dengan komponen yang berbeda karena lebih terjangkau dan pengerjaannya bisa dilakukan di luar bengkel. Untuk biaya konversi motor listrik hanya membutuhkan biaya sekitar $7.598 atau jika dirupiahkan hanya Rp. 107.703.088. Tentunya dengan pihak Zelectric Motors harganya berbeda jauh dan terpaut 7 kali lipatnya. Dengan biaya tersebut konsumen akan mendapat motor HPEVS Ac-50, dengan mengandalkan mesin listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 55-76 dk dan untuk torsinya mencapai 162 Nm.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mesin mobil listrik yang dipasangkan pada mesin bakar internal

Konversi yang dilakukan Zelectric Motors dan EV West terdapat alasan tersendiri

Namun perlu diketahui bahwa konversi dengan biaya tersebut belum termasuk baterai, jadi hanya komponen yang dibutuhkan saja. Beberapa komponen yang diberikan meliputi throttle control dari Toyota Prius, converter, soket charger dengan chargernya, controller sistem motor listrik beserta regenerasi tenaga, adaptor transmisi dan komponen pelengkap lain.

Bagaimana, apakah sobat jadi tertarik melakukan modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?