3 Hal Ini Bikin Mobil Tetap Kinclong Meski Dijemur Seharian

08/09/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Anda yang sering parkir mobil di bawah sinar matahari langsung tiap hari, 3 hal berikut bakal bikin mobil tetap kinclong meski dijemur seharian!

Sudah pada tahu kan kalau sering parkir mobil di bawah sinar matahari langsung bisa bikin cat mobil jadi kusam. Nah buat Anda yang sering melakukannya tiap hari karena tak mendapat spot di bawah atap atau peneduh yang lain, silahkan gunakan 3 cara berikut karena membantu menjaga mobil tetap kinclong meski dijemur seharian.

Ini adalah cara yang dibagikan salah satu Agen Pemegang Merek (APM) ternama di Indonesia:

1. Gunakan sarung mobil

Gambar mobil terbungkus sarung mobil

Baik di halaman rumah maupun di garasi, sarung mobil melindungi dari kotoran (foto: TAM)

Piranti yang satu ini memang didesain untuk melindungi bagian luar mobil atau eksterior dari debu dan berbagai kotoran. Tapi, pemilihan sarung mobil yang salah justru bisa menimbulkan efek lain yang juga tak kalah buruk.

Kalau hanya sekedar melindungi dari debu, kotoran, dan sinar matahari langsung apapun bahannya tidak jadi masalah asal bodi mobil tertutupi dengan sempurna.

Namun, mobil Anda tidak hanya menghadapi debu, kotoran dan sinar matahari saja. Karena di parkir di bawah langit, mobil juga berpotensi kehujanan kalah kebetulan sedang musim hujan.

Teliti sebelum membeli, pilihlah sarung mobil dengan fungsi water repellent (menolak air), bukan sekedar water proof atau tahan air saja.

Sarung mobil berbahan water proof bisa menimbulkan kelembaban saat terkena basah dari luar. Ini yang kemudian memunculkan embun dan noda pada mobil. Jangan heran, mobil sudah dibungkus rapat dan tidak kena hujan, tapi kok bekas noda seperti kebasahan. Itu mungkin terjadi karena Anda salah pilih sarung mobil water proof. Jadi, sekali lagi pilih sarung mobil yang bisa menolak air bukan hanya tahan air.

>>> Hati-hati, Inilah 2 Dampak Buruk Sering Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari

2. Gunakan Paint Protection Film

Gambar seseorang sedang menyelesaikan pemasangan Paint Protection Film

Paint Protection Film tak hanya melindungi dari kotoran, tapi juga menjaga mobil dari goresan (foto: AP Tinting)

Untuk mendapat perlindungan lebih maksimal bagi mobil yang sering dijemur seharian di bawah sinar matahari langsung, gunakan Paint Protection Film. Ini akan lebih melindungi bodi mobil dari debu dan berbagai kotoran serta air hujan. Lebih dari itu Paint Protection Film mencegah cat bodi mobil dari tergores.

Kan sayang kalau mobil sudah dibikin kinclong tapi catnya tergores. Anda harus keluar banyak duit mengembalikan kemulusannya. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya gunakan piranti Paint Protection Film biar bisa lebih melindungi dalam jangka panjang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

3. Pasang kaca film

Gambar mobil diparkir di lapangan

Pasang kaca film biar suhu kabin tetap sejuk (foto: ...)

Ini penting untuk Anda lakukan untuk melindungi interior mobil dari terpaan panas sinar matahari langsung. Selain bikin awet interior karena tak kepanasan, kaca film juga melindungi pengemudi dan penumpang dari paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

Pilih tingkat kegelapan sesuai keinginan. Standarnya sih 20-40 persen untuk kaca depan dan 60-80 persen untuk kaca bagian samping belakang.

Kesimpulannya kalau ingin mobil tetap kinclong meski dijemur seharian di bawah sinar matahari langsung Anda tidak boleh salah pilih alat pelindung.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca