Waspada Kebakaran Kendaraan Di SPBU! Patuhi Peraturan Saat Mengisi Bahan Bakar

03/08/2018 Abdul Pengemudian mobil

Mempunyai kendaraan yang menggunakan mesin diesel atau bensin diharapkan melakukan pengisian BBM. Yang terpenting adalah memperhatikan peraturan yang telah diberikan ketika melakukan isi bahan bakar. Di SPBU sendiri telah terpampang sederet peraturan yang bertujuan supaya para konsumen memperhatikannya dan mematuhinya. Dengan begitu dapat terhindar dari masalah seperti misalnya kebakaran. Jadi bagi para pengendara sebaiknya memperhatikan peraturan saat mengisi bahan bakar.

Banyak sekali pengendara yang kerap lalai dalam mematuhi peraturan yang diberikan. Padahal tujuannya baik yaitu untuk keselamatan bersama baik pengemudi itu sendiri dan pengendara lain serta petugas SPBU. Terdapat beberapa alasan yang membuat pengendara tidak menaati peraturan saat mengisi bahan bakar. Banyak pula yang beranggapan aturan yang diberikan hanya masalah yang sepele. Jika suda terjadi masalah, barulah akan mematuhinya.

Berikut ini beberapa peraturan saat mengisi bahan bakar untuk para pengendara yang harus ditaati.

1. Mematikan mesin Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci untuk dimasukkan ke lubang kontak

Larangan untuk mematikan mesin saat isi bahan bakar bukan tanpa alasan

SPBU mengeluarkan peraturan tentang larangan menyalakan mesin saat mengisi bahan bakar. Hal ini bukan tanpa alasan, namun adanya aturan ini untuk keselamatan pada pengendara dan orang di sekitar SPBU. Jadi saat mesin kendaraan masih menyala, maka terdapat aliran listrik yang mengalir. Dalam hal ini beresiko bahan bakar tersulut api dan menyebabkan kebakaran pada kendaraan. Oleh sebab itu sebaiknya mematikan mesin saat mengisi bahan bakar. Walaupun kadang ditemui pengendara mengisi bahan bakar dengan mesin menyala namun tidak masalah, namun alangkah baiknya untuk mengambil langkah waspada.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

2. Dilarang merokok

Gambar ini menunjukkan gambar yang menunjukkan dilarang merokok

Api pada rokok dapat menyulut kebakaran saat mengisi bahan bakar di SPBU

Merokok di SPBU adalah larangan keras bagi para pengendara dan orang yang berada di SPBU, baik itu pekerjanya sendiri. Hal tersebut dikarenakan, bahan bakar mudah sekali terbakar dan rokok memercikkan api yang dapat menyulutnya. Meskipun saat mengisi bahan bakar hanya sebentar, tapi tetap saja resiko bahaya dapat timbul kapan saja. Apabila terjadi kebakaran akibat rokok tentunya akan merugikan diri sendiri dan pengendara lain dan orang di sekitar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

3. Menggunakan ponsel saat isi bahan bakar atau di lokasi SPBU

Gambar ini menunjukkan seorang perempuang di SPBU sedang mengisi BBM dan menelpon

Bermain handphone saat mengisi bahan bakar bisa menjadikannya tidak fokus

Peraturan saat mengisi bahan bakar selanjutnya adalah bermain ponsel. Dalam hal ini kerap diabaikan oleh pengendara, karena memang jarang sekali terjadi kebakaran saat bermain ponsel. Kadang banyak orang bertanya-tanya mengenai masalah ini, Masak sih menyalakan ponsel dapat beresiko kebakaran di SPBU? Adapun penyebab bisa terjadi kebakaran adalah suhu ponsel yang terlalu panas dapat memicu munculnya api. Selain hal tersebut, saat bermain ponsel kerap sekali kurang fokus dan tidak mengetahui keadaan di sekitar sehingga beresiko memunculkan bahaya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang harga Mobil terbaru dan terlengkap yang diulas ditawarkan oleh Cintamobil.com

4. Memotret

Gambar ini menunjukkan logo dilarang memotret yang berada di SPBU

Aturan larangan dilarang memotret di SPBU sudah terpampang jelas di area SPBU

Larangan memotret dijelaskan oleh Budi selaku petugas lapangan SPBU Pertamina di Bekasi yang dilansir dari Gridoto.

"Larangan memotret itu memang dari pusat, sebagai upaya pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan." Ujar Budi.

"Misalnya timbulnya percikan api atau paling parah terjadinya kebakaran," jawabnya.

>>> Mungkin tertarik, Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

5. Mengisi bahan bakar sampai penuh

Gambar Ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat pengisi bahan bakar dimasukkan ke lubang tangki Mobil

Berilah ruangan sedikit pada tangki bahan bakar dengan mengisinya tidak sampai tumpah

Nah ini dia yang kerap terjadi di SPBU saat mengisi bahan bakar. Mengisi bahan bakar sampai penuh hingga kadang keluar tangki kadang dianggap hal yang biasa. Padahal saat mengisi bahan bakar hingga full akan tercecer atau tumpah yang dapat menyebabkan kebakaran jika tersulut api.

Selain itu, alasan lainnya adalah saat mengisi bahan bakar jangan sampai penuh karena terdapat lubang hawa yang berfungsi mengurangi tekanan yang terdapat pada bahan bakar. Jadi apabila tangki bahan bakar diisi penuh bisa membuat gas hasil ekspansi bahan bakar menjadi keluar melalui selang yang menjadikan terbuang dengan sia-sia. Dengan begitu, saat mengisi bahan bakar diharapkan untuk memberikan ruang sedikit jangan sampai tumpah-tumpah.

Demikianlah informasi yang dapat Saya sampaikan mengenai beberapa peraturan saat mengisi bahan bakar yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di Cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca