Tips Menghindari Kecelakaan Saat Mudik lebaran Yang Perlu Diketahui

05/06/2018| Abdul

Berkendara menggunakan Mobil dan motor harus ekstra berhati-hati dalam perjalanan. Diperlukan beberapa faktor untuk menjaga keamanan serta kenyamanan supaya terhindar dari masalah yang dapat timbul kapan saja dan dimana saja.

Untuk menghindari kecelakaan saat mudik atau melakukan perjalanan dengan Mobil, kali ini akan dibagikan beberapa tips yang merupakan keamanan dasar ketika berkendara.

1. Pemeliharaan kendaraan

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik bengkel sedang memeriksa kondisi mobil

Perawatan yang dilakukan secara berkala akan memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara

Melakukan pemeliharaan dan juga pengecekan kendaraan tidak hanya untuk memperpanjang usia Mobil saja. Akan tetapi bagi keselamatan juga terbilang cukup penting. Jadi apabila Mobil dirasa kurang nyaman ketika ditunggangi, sebaiknya segera membawanya ke bengkel langganan untuk dilakukan pemeriksaan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar berita mobil terbaru

Sering kita dengar dari berita atau kadang ada yang pernah mengalaminya sistem pengereman tidak berfungsi atau blong. Bisa jadi hal tersebut karena kampas rem serta minyak rem yang habis, atau bisa saja karena terdapat kebocoran pada saluran minyak rem sehingga tidak dapat difungsikan. Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka hal tersebut dapat diminimalisir.

Pihak mekanik bengkel akan melakukan identifikasi apakah ada masalah pada kendaraan Anda. Jika ada maka dapat segera ditangani supaya tidak timbul masalah yang dapat berakibat fatal. Hal lainnya yang biasanya perlu dicek adalah tekanan angin pada ban Mobil. tekanan yang tidak tepat ternyata juga bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara dan juga kinerjanya, apalagi saat dalam kecepatan tinggi pasti sangat terasa.

>>> Klik di sini untuk mengupdate info tentangtips dan trik otomotif lainnya

2. Mengatur kecepatan berkendara

Gambar ini menunjukkan ilustrasi speedometer dengan kecepatan 80 km/jam

Salah satu hal yang dapat membantu menghindari masalah saat berkendara adalah bersabar

Nah ini yang biasanya menjadikan kecelakaan !

Berkendara layaknya pembalap dapat berbahaya bagi diri sendiri dan juga pengendara lain. Saat dalam kecepatan tinggi mengontrol laju Mobil akan lebih sulit, apalagi saat melewati belokan. Sangat diperlukan skill lebih jika akan memacu Mobil dalam kecepatan yang melebihi batas karena taruhannya adalah nyawa.

Jadi alangkah baiknya jika bersabar saat mengemudi Mobil, jika dipastikan kosong atau tidak dalam kondisi membelok Anda bisa melakukannya. Biasanya memacu Mobil dengan kecepatan yang tinggi dapat dilakukan di jalan tol. Mengingat ketika berada di jalan raya resikonya terlalu besar, selain adanya pengendara lain ada pula orang menyebrang dan juga motor yang memotong jalur. Jadi harus siaga satu dan siap mengurangi kecepatan jika terdapat hal yang membahayakan.

Pada tahapan ini komponen yang juga berperan cukup penting adalah spion dan juga lampu sein. Jadi nyalakan sein saat ingin membelok atau menyalip dan jangan lupa melihat spion.

>>> Baca juga, Jarak Aman untuk Mengerem Berdasarkan Kondisi Jalan dan Kecepatan Kendaraan yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Menjaga jarak aman

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil biru dengan jarak aman terhadap kendaraan di depannya

Dengan jarak yang aman maka bisa bersiap jika mobil di depan tiba-tiba mengerem mendadak

Dalam menghindari kecelakaan saat mudik ataupun perjalanan dengan Mobil menjaga jarak aman sangat diperlukan. Dengan jarak yang tepat maka dapat mengontrol Mobil lebih sigap, apalagi saat didepannya terdapat kendaraan yang tiba-tiba berhenti atau hal lainnya yang mengagetkan.

Memang terlihat sulit dalam memperkirakan berapa jarak aman ketika seng berkendara. namun pengemudi bisa mengatur jarak yang aman dengan Mobil di depannya sesuai kecepatan kendaraan.

Akan tetapi perlu diketahui, bahwa para ahli memberikan rekomendasi untuk jarak aman adalah 3 detik dengan kendaraan di depannya. Untuk mengetahui aturan 3 detik tersebut bisa dilakukan dengan mencari objek di sisi jalan. Jadi pada saat Mobil di depan sudah berada pada objek tersebut, mulailah menghitung.

Memang terlihat ribet sih,  namun jika telah terbiasa akan ada naluri tersendiri mengenai jarak yang aman sehingga tidak perlu lagi menghitungnya. Akan tetapi faktor yang merubah aturan tersebut juga ada, seperti berkendara di malam hari ataupun dalam cuaca buruk. Para ahli merekomendasikan 6 detik untuk lebih amannya.

>>> Mungkin tertarik, Menerobos Lampu Merah Lebih Rela Hilang Nyawa Daripada Hilang Waktu 1 Menit

4. Sabuk pengaman

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang seatbeltdan mencoba memasangkannya

Sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang harus ada pada Mobil

Adapun tips terakhir dalam menghindari kecelakaan adalah dengan memakai sabuk pengaman. Para ahli dan juga polisi menyarankan untuk selalu memakai sabuk pengaman ketika berkendara. hal tersebut sangat penting, karena dapat menahan pengemudi dan penumpang supaya tidak terbentur pada benda di depannya saat terjadi benturan atau pengereman mendadak. Selain itu, sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan wajib ada pada Mobil baik untuk Mobil keluaran lama ataupun terbaru.

Bahkan pada Mobil keluaran terbaru terdapat alarm, yang mana saat terdapat penumpang depan tidak memakai sabuk pengaman akan berbunyi terus menerus.

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?