Seberapa Jauh Mobil Bisa Dijalankan Ketika Lampu Peringatan BBM Menyala?

29/06/2019 Arfian Alamsyah Pengemudian mobil

Sebenarnya seberapa jauh sebuah mobil bisa dijalankan ketika lampu peringatan BBM menyala? Kami sempat mencoba mencari tahu dengan mobil tes Toyota Avanza tipe E dengan mesin 1300 cc bertransmisi manual.

Terjebak kemacetan atu berjala running on empty dengan indikator BBM menyala memang bikin gusar hati. Selain takut mesin mobil mati mendadak karena tidak mendapat pasokan BBM, juga takut diklakson orang karena menjadi penyebab kemacetan. Lantas, timbul pertanyaan, sebenaranya seberapa jauh mobil bisa dijalankan ketika lampu peringatan BBM menyala?

>>> 5 hal ini akan membuat mobil Anda lebih boros BBM

Running On Empty Test Toyota Avanza

Kami menjalankan mobil secara normal, bahkan kadang kami paksa di putaran tinggi

Kami sempat mencoba mencari tahu dengan mobil Toyota Avanza tipe E tahun 2017 dengan mesin 1300 cc bertransmisi manual sebagai kelinci percobaan. Saat indikator peringatan BBM mulai menyala, kami reset odometer trip untuk mengetahui berapa jarak yang kami tempuh. Tercatat lebih dari 50 kilometer kami dapat lalui dan mesin belum menunjukkan tanda menyerah atau mati.

>>> Ini dia teknik irit BBM yang harus Anda praktekkan saat mengemudi

Mobil Toyota Grand New Avanza 1.3 E 2017 berwarna putih

Inilah mobil yang jadi kelinci percobaan kami, sebuah Toyota Avanza tipe E dengan transmisi manual

Namun, kami tidak membiarkan running on empty berlangsung lama, karena kami khawatir kotoran di tangki bensin ikut terisap ke injektor dan menyebabkan injektor mobil mampet dan hasilnya mogok beneran. Kesimpulan yang kami dapatkan adalah, dengan jalan konstan dan sedikit stop and go, saat indikator BBM mulai menyala mobil masih dapat berjalan lebih dari 50 kilometer.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak Toyota Avanza isi bensin oktan 92

Toyota Avanza ini kami isi dengan BBM dengan oktan 92 sesuai rekomendasi pabrikan

Tak puas sampai disitu kami juga meminta pendapat pihak bengkel Toyota, dari pembicaraan kami dengan pihak teknisi, kami mendapatkan informasi bahwa saat indikator BBM Toyota Avanza yang kami gunakan menyala masih ada sisa BBM sebanyak kurang lebih 6 liter. Jadi, teorinya jika seboros-borosnya konsumsi BBM Toyota Avanza adalah 1 liter untuk jarak 10 kilometer, maka 6 liter tadi teorinya dapat membawa mobil sejauh 60 kilometer.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    16/07/2019

    Karoseri bus Laksana Ungaran, Jawa Tengah menerapkan standar uji keselamatan Seat and Anchorage Strength Test untuk menghasilkan kekuatan terbaik kursi bus dan anchorage yang terpasang pada struktur bus. Uji kekuatan kursi berstandar Eropa ini dilakukan sebagai upaya meminimalkan korban kecelakaan yang mungkin terjadi saat bus melintas di jalan raya.

  • Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    11/07/2019

    Beragam teknologi dan fitur disematkan pada mobil untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Hal tersebut ditujukan kepada pengemudi dan penumpang agar bisa selama perjalanan dapat terasa menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Salah satu fitur jaman sekarang yang menjadi standar pada kendaraan adalah airbag. Lantas bagaimana cara kerja airbag?

  • Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan

    10/07/2019

    Lampu Daytime Running Light (DRL) bukanlah lampu utama. Namun, keberadaannya sangat membantu meningkatkan keselamatan pengendara. Sebenarnya seberapa besar lampu DRL dibutuhkan dan apa saja fungsinya, simak info berikut!