Mobil Sekarang Setir Tak Harus Lurus Saat Parkir, Kenapa?

04/12/2019 | Fatchur Sag

Parkir mobil dengan posisi setir lurus dikenal memiliki nilai estetika tinggi. Padahal bukan itu tujuan utamanya, parkir dengan posisi seperti itu merupakan salah satu cara menjaga power steering lebih awet, khususnya pada mobil dengan sistem power steering hidrolis.

Foto Suzuki All New Ertiga tampak dari samping depan

Parkir dengan posisi ban lurus lebih elok dibanding posisi ban berbelok

Suzuki menjelaskan di laman resminya, power steering hidraulis bekerja memakai cairan minyak atau oli yang menghasilkan tekanan pada rack steer. Fungsinya meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir untuk membelokkan ban. Nah, pada saat ban dibelokkan pada satu sisi, tumpuan beban tekanan oli power steering akan berada pada salah satu bagian. Kondisi ini akan terus berlangsung sepanjang roda belum diluruskan, meski mesin dalam kondisi mati sekalipun.

>>> Berikut Ini Keunggulan Power Steering Hidrolik Dibandingkan EPS

Efek paling buruk jika hal ini berlangsung terus menerus adalah kebocoran oli yang membuat setir susah dibelokkan. Makin berbahaya lagi jika setir gagal dikendalikan saat mobil tengah melaju kencang.

Pertanyaannya, bagaimana dengan mobil-mobil sekarang yang kebanyakan menggunakan sistem power steering elektrik?

Nah, disini enaknya memilih mobil dengan power steering elektrik atau Electric Power Steering (EPS). Karena kinerjanya menggunakan motor listrik, tidak ada lagi tekanan oli power steering sebagaimana hidrolis meski posisi roda berbelok saat parkir. Jadi, mau parkir dengan posisi lurus atau berbelok tidak masalah. Hanya saja kurang apik dari sisi estetika.

>>> Hati-hati, Inilah 2 Dampak Buruk Sering Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari

Foto Setir Suzuki All New Ertiga

Dengan power steering elektrik, tidak perlu khawatir parkir dengan posisi ban berbelok

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik