Langkah-Langkah Agar Resiko Kecelakaan Mobil Berkurang

06/09/2021| Abdul

Setiap pengendara tidak ingin mengalami kecelakaan ketika sedang dalam perjalanan. Hanya saja kadang kala yang membuat terjadi kecelakaan adalah perilaku berkendara, kondisi lalu lintas dan juga kondisi mobil yang ditunggangi. Hal tersebut sangat disayangkan karena terdapat beberapa langkah yang bisa membuat resiko kecelakaan mobil berkurang.

Agar terhindar dari kecelakaan, cara mencegahnya bisa dilakukan dengan hal yang ringan. Sehingga keselamatan mengalami peningkatan dan perjalanan lebih nyaman serta menyenangkan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya dapat mengurangi resiko kecelakaan dengan mobil di jalan.

Gambar ini menunjukkan mobil dalam kondisi rusak bagian depannya

Pengendara tidak ingin terjadi kecelakaan oleh sebab itu usahakan melakukan pencegahan

Tips Ringan Supaya Resiko Kecelakaan Mobil Berkurang

1. Melakukan Pengaturan Waktu

Ketika berkendara dilakukan dengan terburu-buru maka bisa membuat pengemudi mengendalikan mobilnya dengan lebih agresif. Jika melakukannya resiko mengalami kecelakaan lebih besar. Oleh sebab itulah pengaturan waktu perlu dilakukan terutama ketika ingin melakukan perjalanan.

Dengan begitu perjalanan yang dilakukan akan santai dan tidak terburu-buru sehingga bisa sampai tujuan dengan aman.

2. Cek Kendaraan Sebelum Digunakan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan terbilang sederhana yakni mengecek kondisi mobil. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan memeriksa lampu, ban sampai wiper.

Apabila sudah tidak bekerja dengan baik maka perlu dilakukan penggantian. Jika mobil mempunyai komponen yang tidak fit maka keamanan menjadi berkurang dan bisa membuat resiko mengalami kecelakaan lebih besar.

3. Cek Tekanan Angin Ban Mobil

Ban berhubungan langsung dengan aspal saat mobil melaju ataupun berhenti. Kondisi tekanan anginnya perlu diperhatikan, apabila terlalu rendah maka ban bisa dengan mudah terkoyak atau terlipat ketika menikung atau melakukan manuver.

Jika sudah begitu maka struktur ban bisa mengalami kerusakan lebih cepat dan resiko  meledak dapat terjadi yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Oleh sebab itu tekanan angin ban mobil perlu diperhatikan dan pastikan sesuai rekomendasi pihak pabrikan.

>>> Lihat Juga, Kecelakaan di Jalan Tol, Antara Performa dan Pelanggaran Lalu Lintas

Gambar ini menunjukkan pengecekan tekanan angin ban mobil

Tekanan angin perlu disesuaikan dengan rekomendasi pihak pabrikan

4. Tidak Bawa Barang Atau Penumpang Berlebihan

Pada saat bawa barang atau penumpang secara berlebihan maka dalam mengendalikan mobil lebih sulit. Tidak sampai disitu saja, performa mobil juga bisa berkurang terutama pada sistem pengereman atau ketika melakukan manuver. Resiko terjadi kecelakaan jadi meningkat, sehingga disarankan untuk membawa penumpang atau barang sesuai yang telah ditentukan oleh pabrikan mobil.

5. Menjaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

Langkah yang perlu dilakukan supaya resiko kecelakaan mobil berkurang adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Hal ini kadang terbilang sulit apalagi ketika menghadapi lalu lintas yang padat.

Jadi usahakan terdapat jarak dengan kendaraan di depan supaya saat ada masalah di depan bisa dengan sigap mengambil tindakan seperti melakukan pengereman ataupun manuver menghindar.

6. Jaga Emosi

Saat berada di jalan kadang emosi memuncak terutama saat lalu lintas dalam kondisi padat. Dengan mengontrol emosi maka konflik sesama pengendara dapat dihindari, begitupun dengan resiko celaka. Jika ada situasi yang memancing emosi usahakan untuk menghindarinya.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang marah-marah

Emosi tidak akan menyelesaikan masalah apapun

7. Mobil Dirawat Secara Rutin

Hal terakhir yang perlu diperhatikan supaya resiko kecelakaan mobil berkurang adalah dengan melakukan perawatan berkala pada mobil. Dengan begitu kondisinya akan tetap prima dan masalah di jalan yang beresiko merepotkan atau menyebabkan kecelakaan bisa dihindari.

Selain itu, harga jual mobil akan tetap terjaga sehingga saat butuh uang cepat mobil lebih cepat laku dengan harga terbaik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!