Kapan Sebaiknya Sport Atau Power Mode Di Aktifkan?

27/06/2019 Arfian Alamsyah Pengemudian mobil

Beberapa mobil kelas menengah kini dilengkapi dengan fitur sport mode atau power mode. Nah, kapan sebaiknya fitur tersebut diaktifkan?

Ada salah satu pembaca setia website teknik mobil nomor satu di Indonesia yakni Mobilmo.com bertanya kepada awak redaksi. Ia memiliki mobil dengan fitur pengaturan mode berkendara, dan ia bingung kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan sport mode atau power mode pada beberapa mobil ini. Jadi, kapan sebaiknya sport mode atau power mode diaktifkan?

>>> Kenali fitur mode berkendara pada mobil Anda

Tampak kondisi jalan macet

Saat jalanan macet seperti ini, mungkin sport mode atau power mode tidak dibutuhkan

Power mode atau sport mode adalah salah satu fitur kekinian yang ditawarkan oleh pabrikan mobil ke line up mobil tertentu untuk mendapat akselerasi yang lebih sigap atau responsif. Mode berkendara ini biasanya diaktifkan melalui sebuah tombol, bisa dengan menekan atau menggeser ke posisi tertentu. Bahkan ada juga yang pengaturan mode berkendaranya tersembunyi dibalik multi information display seperti Toyota C-HR.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Mobil All New CR-V ngebut

Saat Anda hendak mengebut atau mendahului kendaraan lain dengan cepat, maka aktifkan sport mode

Lantas, kapan sebaiknya mode berkendara ini diaktifkan? Tentunya ketika Anda memerlukan akselerasi yang ekstra atau saat Anda hendak melakukan overtaking terhadap kendaraan lain. Misal di jalan menanjak, Anda butuh respon mobil yang lebih sigap, Anda tinggal tekan saja tombol power mode atau sport mode di mobil Anda. Maka secara otomatis mesin dan transmisi akan diperintah oleh ECU untuk lebih sigap dan responsif.

>>> Awas! Pedal gas nyangkut dapat menjadi sumber malapetaka dan kecelakaan parah

Tuas sport mode pada Mazda 3

Tinggal geser tuas atau tekan tombol Power, maka transmisi dan mesin akan diprogram lebih sigap

Namun, sebaiknya fitur ini tidak serta merta diaktifkan untuk mengebut di jalan tol. Karena selain berbahaya untuk Anda, ngebut di jalan tol bukanlah sesuatu yang bijak karena Anda dapat mencelakakan orang lain. Jadi, kendati mobil Anda sudah dilengkapi dengan sport mode atau power mode, gunakan dengan bijak dan tetap patuhi rambu-rambu yang ada ya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    16/07/2019

    Karoseri bus Laksana Ungaran, Jawa Tengah menerapkan standar uji keselamatan Seat and Anchorage Strength Test untuk menghasilkan kekuatan terbaik kursi bus dan anchorage yang terpasang pada struktur bus. Uji kekuatan kursi berstandar Eropa ini dilakukan sebagai upaya meminimalkan korban kecelakaan yang mungkin terjadi saat bus melintas di jalan raya.

  • Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    11/07/2019

    Beragam teknologi dan fitur disematkan pada mobil untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Hal tersebut ditujukan kepada pengemudi dan penumpang agar bisa selama perjalanan dapat terasa menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Salah satu fitur jaman sekarang yang menjadi standar pada kendaraan adalah airbag. Lantas bagaimana cara kerja airbag?

  • Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan

    10/07/2019

    Lampu Daytime Running Light (DRL) bukanlah lampu utama. Namun, keberadaannya sangat membantu meningkatkan keselamatan pengendara. Sebenarnya seberapa besar lampu DRL dibutuhkan dan apa saja fungsinya, simak info berikut!