Kapan Sebaiknya Sport Atau Power Mode Di Aktifkan?

27/06/2019| Arfian Alamsyah

Ada salah satu pembaca setia website teknik mobil nomor satu di Indonesia yakni Mobilmo.com bertanya kepada awak redaksi. Ia memiliki mobil dengan fitur pengaturan mode berkendara, dan ia bingung kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan sport mode atau power mode pada beberapa mobil ini. Jadi, kapan sebaiknya sport mode atau power mode diaktifkan?

>>> Kenali fitur mode berkendara pada mobil Anda

Tampak kondisi jalan macet

Saat jalanan macet seperti ini, mungkin sport mode atau power mode tidak dibutuhkan

Power mode atau sport mode adalah salah satu fitur kekinian yang ditawarkan oleh pabrikan mobil ke line up mobil tertentu untuk mendapat akselerasi yang lebih sigap atau responsif. Mode berkendara ini biasanya diaktifkan melalui sebuah tombol, bisa dengan menekan atau menggeser ke posisi tertentu. Bahkan ada juga yang pengaturan mode berkendaranya tersembunyi dibalik multi information display seperti Toyota C-HR.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Mobil All New CR-V ngebut

Saat Anda hendak mengebut atau mendahului kendaraan lain dengan cepat, maka aktifkan sport mode

Lantas, kapan sebaiknya mode berkendara ini diaktifkan? Tentunya ketika Anda memerlukan akselerasi yang ekstra atau saat Anda hendak melakukan overtaking terhadap kendaraan lain. Misal di jalan menanjak, Anda butuh respon mobil yang lebih sigap, Anda tinggal tekan saja tombol power mode atau sport mode di mobil Anda. Maka secara otomatis mesin dan transmisi akan diperintah oleh ECU untuk lebih sigap dan responsif.

>>> Awas! Pedal gas nyangkut dapat menjadi sumber malapetaka dan kecelakaan parah

Tuas sport mode pada Mazda 3

Tinggal geser tuas atau tekan tombol Power, maka transmisi dan mesin akan diprogram lebih sigap

Namun, sebaiknya fitur ini tidak serta merta diaktifkan untuk mengebut di jalan tol. Karena selain berbahaya untuk Anda, ngebut di jalan tol bukanlah sesuatu yang bijak karena Anda dapat mencelakakan orang lain. Jadi, kendati mobil Anda sudah dilengkapi dengan sport mode atau power mode, gunakan dengan bijak dan tetap patuhi rambu-rambu yang ada ya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International