Apa Keuntungan Mengaktifkan Mode 4L Di Medan Off Road?

02/11/2019 | Arfian Alamsyah

Kegiatan off road alias berjalan di jalan rusak dan tidak rata memang mengasyikkan. Anda dapat merasa seperti sedang berpetualang. Namun jangan salah, terkadang melakukan kegiatan off road juga tricky. Karena jika sudah kepater alias nyangkut, Anda akan sulit keluar. Inilah alasan mengapa harus mengaktifkan mode 4L sesaat sebelum masuk ke medan off road.

>>> Sering off road? Pilihlah tuas transfer case mekanikal daripada elektrik, inilah alasan teknisnya

Gambar menunjukkan Tuas transfer case elektrik Mahindra Scorpio

Pindahkan tuas ke mode 4L sesaat sebelum masuk medan off road

Keuntungan yang akan didapatkan saat mengaktifkan mode 4L di medan off road adalah, ban mendapat traksi maksimal ke permukaan jalan. "Saat melakukan kegiatan off road, yang paling penting adalah ban mendapatkan traksi maksimum, dan itu hanya dapat dilakukan bila menyalakan mode 4L," cuap Bintarto Agung, selaku Direktur Indonesia Defensive Driving Center kepada Tim teknik Mobilmo.

>>> Inilah kelemahan gardan portal untuk off road

Gambar menunjukkan Ban dan pelek Mahindra Scorpio

Saat melaju di medan off road, traksi adalah hal utama

Saat masuk ke mode 4L, transfer case akan melakukan tugasnya. Yakni memerintahkan difrensial melakukan penguncian mekanis. Sehingga yang tadinya mesin hanya menyalurkan tenaganya ke roda belakang via kopel. Kini melakukan pembagian tenaga dengan komposisi 50:50. Ketika roda mendapatkan traksi maksimum, maka Anda akan dapat dengan mudah untuk keluar dari handicap di medan off road. Itulah keuntungan pakai mode 4L.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik