Anda Berminat Turun Reli? Yuk Coba Mulai Dari FWD, Ini Alasannya...

08/06/2019 Arfian Alamsyah Pengemudian mobil

Ikut reli memang mengasyikkan, bukan hanya bisa ngebut menyalurkan hasrat balap serta bisa sideways dengan kecepatan tinggi. Namun, dengan ikut reli Anda akan dapat memiliki pengalaman tidak terlupakan. So, apakah Anda berminat pertama kali ikut reli? Yuk coba mulai dari FWD (Front Wheel Drive), dan kami akan kemukakan alasannya...

Reli merupakan salah satu cabang olahraga balap mobil tertua di dunia. Dari zaman reli '70-an, grup B yang melegenda di tahun '80an hingga genarasi mobil sedan macam Lancer Evolution di awal hingga akhir '90an dan generasi mobil hot hatch disulap menjadi mobil reli mulai tahun 2000-an hingga saat ini. Nah, apakah Anda berminat untuk 'turun' alias ikut serta dalam kegiatan balap reli? Ada baiknya mencoba memulai dari mobil berpenggerak roda depan alias mobil FWD. Mengapa demikian?

>>> Ini dia mobil reli kelas R5 yang paling populer di kawasan Eropa

Tampak mobil reli dengan beda jenis dan sistem penggerak

Anda ingin pertama kali turun balap reli? Mending pakai mobil reli FWD dulu deh

Karena, untuk yang baru pertama kali belajar atau turun reli, mobil dengan penggerak roda depan alias mobil FWD lebih akurat dan presisi. Mobil reli FWD di luar negeri pun banyak digunakan untuk kelas-kelas pemula. Ambil contoh mobil Ford Fiesta R2 yang pernah Mobilmo.com bahas tuntas, itu adalah mobil reli berpenggerak roda depan. Selain itu kontrolnya lebih mudah, sebab mobil reli FWD sistem penggerak dan kemudi menjadi satu. Otomatis untuk akurasi setir dan juga kontrol pedal gas dapat dilakukan secara presisi.

>>> Mobil ini memang hanya penggerak dua roda, namun mampu menjadi penantang juara dakar 2019

Tampak Kabin Ford Fiesta R2

Dengan mobil reli berpenggerak roda depan, Anda akan lebih mudah dalam mengenal karakter handling mobil

Apalagi jika mobil reli berpenggerak roda depan sudah dipasangi front Limitied Slip Diffrential (LSD) yang membuat putaran ban depan kanan dan kiri menjadi selaras, ini akan mempermudah Anda dalam belajar mengontrol mobil reli. Dengan kapasitas mesin dan juga tenaga yang sama, mobil reli FWD akan bisa lebih kencang di trek reli bila dibandingkan dengan mobil reli RWD (Rear Wheel Drive). Hal ini disebabkan karena tingkat kepresisian mobil reli berpenggerak roda depan jauh lebih baik dari mobil reli RWD.

>>> Dapatkan tips teknik mobil yang terbaik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca