Teknologi Untuk Pengemudi Ngantuk Dikembangkan Oleh Perusahaan Ini

09/03/2020| Abdul

Saat berkendara memang kadang ada sesuatu hal yang dapat mengganggu konsentrasi terhadap jalan, seperti misalnya mengantuk. Bahkan rasa kantuk yang dialami pengemudi menjadi  salah satu penyumbang penyebab terjadi kecelakaan dalam persentase sepertiga dari semua kasus yang terjadi. Teknologi untuk pengemudi ngantuk ini diharapkan dapat meminimalisir atau mengurangi jumlah kecelakaan karena mengantuk.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang tertidur

Rasa kantuk biasanya akan timbul saat pengemudi kelelahan

>>> Baca Juga, Kuatkan Daya Saing, Kemenperin Perdalam Struktur Manufaktur Otomotif

Dalam pembuatan teknologi tersebut, dari pihak Tim plora SEAT melakukan kerjasama dengan Eyesight Technologies. Yang mana merupakan perusahaan dengan basisnya berada di Israel dan menciptakan sebuah sistem baru yang bisa berguna untuk mendeteksi kondisi pengemudi apakah sedang melihat jalanan atau tidak.

Adapun teknologi yang mengandalkan Artificial Intelligence (AI) mencakup algoritma yang dapat melakukan analisis terhadap keterbukaan mata, sudut penglihatan, kecepatan kedip, posisi kepala dan parameter lainnya. Dengan analisis tersebut maka bisa diketahui apakah pengemudi sedang sadar atau tidak saat berkendara dengan lingkungan atau jarak pandang di sekitarnya.

Dengan adanya teknologi untuk pengemudi ngantuk, maka saat pengemudi didapati sedang mengantuk atau gangguan lainnya maka peringatan akan diberikan oleh sistem. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Stefan Ilijevic selaku kepala Inovasi Produk SEAT seperti yang dilansir dari laman Carscoops pada 8/3/2020.

“Secara total, lebih dari 90 persen kecelakaan di Eropa disebabkan faktor manusia. Alasan utama termasuk gangguan dan kelelahan, kecepatan berlebihan, alkohol dan obat-obatan,” Ujar Stefan.

Pihaknya juga menambahkan soal teknologi baru tersebut. “Di SEAT, kami sedang mengerjakan solusi untuk mencegah kelalaian di belakang kemudi dan secara signifikan mengurangi kecelakaan di jalan. Kami bermitra dengan beberapa perusahaan paling cerdas di dunia pada teknologi penting untuk menyelamatkan nyawa. Karena visi jangka panjang kami adalah dunia nol kecelakaan," katanya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur untuk mendeteksi wajah

Teknologi baru yang dikembangkan akan beri peringatan saat pengemudi ngantuk

Fungsi dari teknologi untuk pengemudi ngantuk tersebut tidak hanya untuk memantau pengemudi mobil. Akan tetapi fungsi lainnya adalah untuk melakukan identifikasi pada perjalanan sebelumnya dan spion, kursi serta lainnya akan disesuaikan dengan preferensi. Menariknya adalah sistem tersebut pengembangannya akan terus dilakukan sampai dapat membuat pejalan kaki terdeteksi dan juga menganalisa apakah pengemudi memperhatikannya atau tidak.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo