Segera Beroperasi, Berikut 5 Seksi & Gerbang Tol Di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

19/08/2021| Abdul

Pada tahun 2019 3 Seksi yang mempunyai panjang 64,87 km telah dioperasikan pada Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Jalan tol tersebut dikelola oleh PT JBS (Jasamarga Balikpapan Samarinda) yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Nah 2 Seksi lagi siap untuk dioperasikan meliputi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan KM 13-Samboja yang memiliki panjang 22,03 km dan juga Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan Km 13 yang mempunyai panjang 11,09 km.

Gambar ini menunjukkan jalan tol Balikpapan-Samarinda

2 Seksi siap beroperasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda siap dioperasikan

Jadi apabila 2 Seksi tersebut dioperasikan maka Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan beroperasi secara penuh yang memiliki panjang total 97,99 km.

Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Jinto Sirait selaku Direktur Utama PT JBS mengungkapkan, jika ruas telah tersambung dari Sepinggan sampai ke Samarinda maka bisa membuat pergerakan orang dan juga barang di Wilayah Kalimantan Timur maka arusnya akan semakin cepat.

Selain itu juga menghubungkan antara Bandara Sepinggan dengan beragam titik lokasi di Balikpapan dan Samarinda yang strategis.

“Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100% ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda sehingga akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol. Tingkat kelayakan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hingga saat ini masih berpegang pada business plan yang ada,” ujar Jinto pada releasenya dilansir dari laman resmi Jasamarga.

>>> PT HPM Kembali Gelar Honda Racing Simulator Champion Dengan Hadiah Lebih Besar

Gambar ini menunjukkan jalan tol Balikpapan-Samarinda

Terdapat 2 gerbang tol baru yang mempermudah akses masuk jalan tol

Apabila telah dioperasikan maka untuk masyarakat bisa mengakses jalan tol mengandalkan 2 gerbang tol (GT) baru. Dimana untuk gerbang tol tersebut adalah GT Karang Joang terkoneksi Jalan Nasional Soekarno Hatta Km 13 serta Akses Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau dan GT Manggar terkoneksi Jalan Mulawarman yang menjadi akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

Dari pihak Jinto menambahkan, apabila kondisi normal dan jalan tol telah beroperasi secara penuh  maka target untuk peningkatan pendapatan sampai 60%. Jadi konstruksi dari 2 Seksi jalan tol tersebut adalah orsi dukungan konstruksi Pemerintah. Serah terima aset akan dilakukan dari pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur jika sudah selesai.

Aset diberikan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Setelah itu PT JBS akan melakukan proses pelimpahan lingkup untuk pengoperasian jalan tol.

“Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang beroperasi penuh akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Balikpapan dan Samarinda. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 3 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hanya sekitar 1 jam saja sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang,” tutup Jinto.

>>> Bagaimana Yang Lama Jika Perubahan Warna Plat Nomor Kendaraan Dilakukan?

Gambar ini menunjukkan banyak mobil di gerbang tol Palaran

Terdapt 4 gerbang tol dan 5 Seksi serta 2 rest area

Panjang Jalan Tol Balikpapan-Samarinda secara menyeluruh adalah 97,99 km dan dibagi menjadi 5 Seksi meliputi:

  • Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja memiliki panjang 22,03 Km
  • Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa memiliki panjang 30,98 Km
  • Seksi 3 Muara Jawa-Palaran 17,30 Km
  • Seksi 4 Palaran-Samarinda memiliki panjang 16,59 Km
  • Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan memiliki panjang 11,09 Km

Sementara untuk gerbang tol yang dimiliki terdapat 4 GT dan  meliputi:

Gerbang Tol

  • GT Manggar
  • GT Karang Joang
  • GT Samboja
  • GT Palaran

Terdapat juga 2 Rest Area dengan tipe A yang pembangunannya telah selesai pada Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan. Untuk kedepannya rest Area akan dibekali dengan SPBU. Sebagai pengelola dilakukan oleh PT JRB (Jasamarga Related Business) yang merupakan anak usaha Jasa Marga.

>>> Baca berita menarik lainnya seputar mobil di Mobilmo.com