ProPILOT 2.0 Nissan Skyline Raih Penghargaan Teknologi Terbaik Tahun Ini

18/11/2019| Fatchur Sag

Perkembangan industri otomotif sejalan dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, fungsional dan bikin segalanya makin mudah. Nyaris semua pabrikan saling berlomba menghadirkan teknologi terbaik untuk setiap produk yang dibuat. Nissan Motor Corporation misalnya, memiliki teknologi terbaru bernama ProPILOT 2.0 yang dipasang pertama kali pada Nissan Skyline terbaru.

Foto Nissan Skyline terbaru tampak dari samping depan

Nissan Skyline hadir dengan teknologi terbaru

Dalam ajang pemilihan teknologi otomotif terbaik yang diselenggarakan Automotive Researchers' and Journalists' Conference of Japan (RJC), 12 November 2019, ProPILOT 2.0 Nissan Skyline ini meraih penilaian tertinggi dengan skor 245. Unggul atas Hands Off System milik BMW seri 3 (174), DNGA milik Daihatsu Tanto (167), Skyactive milik MAZDA 3/MAZDA CX-30 (138), Dynamic Torque Vectoring AWD milik Toyota RAV4 (133), dan Reverse Assist milik BMW 3 series (109). ProPILOT 2.0 pun berhak menyandang gelar Technology of the Year for 2020 atau teknologi terbaik versi peneliti dan wartawan otomotif Jepang (RJC).

“ProPILOT 2.0 menawarkan pelanggan pengalaman berkendara yang lebih menarik dan percaya diri. Sistem ProPILOT 2.0 yang baru memungkinkan mengemudi dengan tangan saat berkendara di jalur tertentu. Ketika kendaraan mendekati pembagian jalan, atau ketika melewati kendaraan yang lebih lambat dimungkinkan, sistem menilai waktu yang tepat untuk lintasan, berdasarkan informasi dari sistem navigasi dan penginderaan 360 derajat. Pengemudi menerima panduan audio dan visual yang intuitif dan diminta untuk meletakkan kedua tangan di setir dan mengkonfirmasi dimulainya operasi ini dengan sakelar." tulis komite penghargaan RJC, seperti dikutip dari laman Nissan Global, (13/11/2019).

>>> SUV Crossover Nissan Ariya, Mobil Listrik Masa Depan Dengan Beragam Fitur Canggih

Foto bersama usai menerima penghargaan Teknologi otomotif terbaik untuk ProPILOT 2.0 Nissan Skyline

ProPILOT 2.0 Raih Penghargaan Teknologi Terbaik dari RJC

Sekadar informasi, ProPILOT 2.0 merupakan merupakan teknologi penggerak otonom yang mengkombinasikan pengoperasian otomatis antara kemudi, akselarator, dan pengereman. Pengemudi bahkan bisa melepaskan tangan dari setir saat fitur ini diaktifkan dan sistem akan bekerja dengan sendirinya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sistem ProPILOT 2.0 dirancang untuk penggunaan berkendara di jalan raya dalam lalu lintas satu arah untuk memudahkan mencapai lokasi tujuan dengan selamat. Karenanya, syarat utama penggunaan teknologi ini, pengendara harus menetapkan dulu lokasi tujuan yang akan dicapai di sistem navigasi serta memilih rute jalan yang akan dilewati. Untuk selanjutnya mobil bakal menangani beragam potensi masalah yang mungkin terjadi di jalan raya, meliputi berpindah jalur, menyalip saat kendaraan di depan, melakukan pengereman otomatis.

Gambar melepas tangan dari setir mobil

Teknologi ProPILOT 2.0 memungkinkan pengemudi melepaskan tangan dari setir

Bila suatu saat ditemukan kondisi dimana pengoperasian harus dilakukan secara manual, pengemudi bakal menerima panduan audio dan visual yang intuitif dan diminta untuk meletakkan kedua tangan di setir dan mengkonfirmasi dimulainya operasi kendaraan secara manual. Namun sistem tetap melakukan pemantauan secara terus menerus. Jika pengemudi gagal merespons peringatan, sistem menyalakan lampu bahaya dan mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti.

ProPILOT 2.0 juga memiliki layanan panggilan SOS. Saat kondisi darurat dan membutuhkan bantuan SOS secara otomatis membuat koneksi audio ke operator pusat panggilan khusus.

>>> All New Nissan Serena 2016 Dapat Fitur Otonomos ProPILOT

Gambaran teknologi ProPILOT 2.0 pada Nissan Skyline

Gambaran teknologi ProPILOT 2.0 pada Nissan Skyline

Ada ProPILOT 2.0 berkendara Nissan makin nyaman

Kini teknologi ProPILOT 2.0 tidak hanya diterapkan pada Nissan Skyline, tapi juga model-model terbaru yang lain. Misalnya Nissan Dayz, salah satu kei car paling laris di Jepang bermesin 660 cc. Nissan Dayz juga meraih penghargaan dari RJC sebagai Car Of The Year for 2020.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International