Penjualan Toyota Avanza Membaik, Inden Hingga Dua Bulan

24/04/2019| Fatchur Sag

Foto model berpose bersama New Avanza 2019 di acara peluncuran

Tampilan baru New Avanza 2019 lebih kekinian

Toyota Astra Motor (TAM) merasakan buah manis dari peluncuran New Avanza pada akhir Januari 2019 lalu. Dalam tiga bulan pertama penjualan Toyota Avanza terus mengalami peningkatan hingga tembus angka tertingginya sebanyak 8.535 unit pada bulan Maret 2019. Angka tersebut memang lebih rendah dibanding penjualan bulanan pada 2017 silam, namun dengan persaingan yang ada saat ini pencapaian tersebut sudah cukup menggembirakan.

Menurut TAM angka tersebut sudah melampaui target distribusi yang direncanakan yaitu sebesar 7.500 unit per bulan. "Karena produksi belum optimal sehingga penjualan di Januari dan Februari tidak maksimal. Baru normal pada Maret 2019 ini, itupun karena produksi sudah mulai normal," tutur Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) di sela-sela peluncuran All New Toyota Hybrid di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019) lalu.

>>> Realistis, Ini Target Penjualan New Avanza 2019 dan Grand New Xenia 2019

Foto Toyota Avanza 2019 di sebuah diler resmi. Dari depan tampak perubahan lebih kekinian

Penjualan Toyota Avanza sesuai target dan diharapkan makin meningkat

Untuk bulan keempat ini ini penjualan Toyota Avanza baru diperkirakan masih di atas 8.000-an unit sebab pesanan yang masuk dari pertama diluncurkan hingga 21 April 2019 sudah lebih dari 29.000 unit. Belum lagi lagi penjualan di sisa hari hingga akhir bulan yang dipastikan bakal bertambah.

Sementara itu untuk status inden menurut penuturan Anton ada konsumen yang harus menunggu satu hingga dua bulan untuk warna dan varian tertentu. Meski demikian konsumen diyakini bakal bersabar untuk menanti dan tidak akan berpindah pilihan.

"Total pemesanan saja sejak Januari hingga 21 April 2019 sudah mencapai 29.000 unit. Bahkan karena permintaanya masih banyak, masih ada konsumen yang harus inden sekitar satu hingga dua bulan tergantung varian dan warna," kata Anton. "Kita melihat dari permintaan Avanza yang sangat bagus, bahkan menjadi model paling laris kami," tambahnya.

>>> Di Pasar Ekspor, Mobil Kecil Ini Kalahkan Toyota Rush dan Toyota Avanza

Foto Toyota Avanza 2019 dengan latar belakang Rumah Gadang

Toyota Avanza merambah seluruh pelosok di tanah air

Seperti diketahui, pasca kehadiran Mitsubishi Xpander penjualan Toyota Avanza mengalami koreksi cukup signifikan. Meski berhasil menutup tahun 2018 dengan catatan penjualan nasional paling tinggi, perjalanannya sejak awal tahun sangat berat. Salip menyalip dengan Xpander terus terjadi sejak awal tahun hingga akhir tahun. Masuk 2019 kondisi ini berangsur-angsur membaik pasca diluncurkannya New Avanza pada akhir Januari 2019 lalu. Meski hanya berstatus facelift namun itu cukup memberikan dampak meningkatkan penjualan.

>>> Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Layak ditunggu apakah penjualan Toyota Avanza baru ini bakal makin meningkat hingga pada bulan-bulan berikutnya, atau stagnan, atau malah kembali menurun?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International