Pakai Mobil Mewah Harga Durian Di Malaysia Lebih Mahal, Pemerintah Lakukan Pemeriksaan

11/07/2020| Abdul

Salah satu yang dikenal sebagai surga buah-buahan tropis adalah Asia Tenggara. Kita contohkan adalah buah durian yang bisa ditemukan dengan mudah di negara Indonesia dan juga Malaysia. Tentunya di wilayah Indonesia sudah banyak mengetahuinya, tapi ada yang unik dengan harga durian di Malaysia.

Buah durian mempunyai wangi yang tajam dan mempunyai rasa yang manis sehingga banyak orang menyukainya. Pada saat musim durian, masyarakat di Malaysia akan menjual hasil panen dari kebun ke berbagai kota di sana. Hanya saja penjualannya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya sehingga menjadi sorotan oleh pihak Kementerian Perdagangan Malaysia.

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang memilih durian

Asia Tenggara jadi surga buah-buahan tropis seperti durian

>>> Baca Juga, Sudah Garap Lebih Dari 2.166 Meter, Rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi Berlanjut

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Worldofbuzz pada 6 Juli 2020. Yang mana para pedagang di negara Malaysia dalam menjual durian tidak memberikan label harga. Alhasil calon pembeli tidak mengetahui uang yang harus dikeluarkan jika ingin membeli.

Namun ternyata ada yang lebih parah, yang mana harga durian di Malaysia sengaja dinaikkan oleh pedagang jika yang membeli merupakan orang kaya. Untuk patokan, biasanya para pedagang melihat dari mobilnya. Apabila calon pembeli menggunakan mobil dalam kategori mewah maka bisa saja harganya naik 2 sampai 3 kali lipat.

Melihat hal tersebut, dari pihak pemerintah tidak tinggal diam. Pengawasan diberikan  kepada para pedagang yang berada di wilayah Temerloh, Raub, Lipis, Bentong, Jerantut dan Kuantan. Dengan begitu diharapkan tidak ada konsumen yang merasa tertipu saat ingin membeli durian.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan banyak durian yang dijual dalam jumlah banyak

Pemerintah Malaysia melakukan pengecekan terkait harga durian  di Malaysia

Tidak hanya itu saja, pemeriksaan timbangan juga dilakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada trik untuk membuat bobot durian lebih berat dari aslinya. Hal ini tentunya akan merugikan calon pembeli dan hal tersebut tidak diperbolehkan.

Dengan melakukan pemeriksaan, sejauh ini hanya didapati satu pedagang saja yang tertangkap  menaikkan harga durian di Malaysia hingga batas yang melebihi kewajaran. Sementara untuk pedagang yang menggunakan timbangan telah di modifikasi atau diutak atik hanya 3  orang.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International