Mobil Diesel Wajib Pakai Biodiesel B30 Mulai 1 Januari 2020, Ini Kata GAIKINDO!

09/12/2019 | Fatchur Sag

Program mandatori bahan bakar ramah lingkungan berlanjut. Salah satunya bahan bakar B20 atau biodiesel B20 yang saat ini dikonsumsi mobil-mobil bermesin diesel bakal ditingkatkan menjadi B30. Rencananya sudah matang, tanggal 1 Januari 2020 bahan bakar biodiesel B30 resmi diberlakukan.

Foto sampel biodiesel berdasarkan persentasenya

Mandatori bahan bakar Biodiesel terus dilakukan hingga mencapai target B100

Jika dihitung pemberlakukan biodiesel B20 pada 1 September 2018 silam, penerapan B30 ini tergolong cepat. Hanya butuh waktu 1 tahun lebih 4 bulan.

Meski demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai penanggung jawab menyebut B30 sangat siap untuk diterapkan. Hal ini dilandasi hasil uji coba B30 yang berlangsung mulai 13 Juni 2019 lalu, yang salah satu isinya, "Kendaraan baru atau yang sebelumnya tidak menggunakan biodiesel cenderung mengalami penggantian filter bahan bakar lebih cepat di awal penggunaan B30 karena efek blocking, namun sesudahnya kembali normal."

Uji coba B30 diikuti banyak model mobil bermesin diesel seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, Mitsubishi Fuso, Isuzu NM, UD Truck, DFSK Super Cab dan yang lain, untuk mendapatkan penilaian yang objektif dan transparan dari masing-masing merek.

>>> DFSK Super Cab Sukseskan Road Test Solar B30 Pemerintah RI

Foto salah satu mobil bermesin diesel saat mengikuti uji coba B30

Uji Biodiesel 30 (B30) pada kendaraan bermotor sudah dilakukan

Bagaimana tanggapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)?

Sebagai asosiasi yang juga punya tanggung jawab terhadap kebaikan anggotanya, GAIKINDO mendukung penuh program pemerintah ini. GAIKINDO bahkan siap mempelopori penggunaan biodiesel B30 di tingkat dunia. Namun ada satu pesan yang mesti diperhatikan yaitu kandungan B30 itu sendiri. Sebagai inovasi baru sudah tentu belum bisa dikatakan sempurna, alias perlu disempurnakan lagi menjadi lebih baik.

"B30 sudah juga sudah selesai ujinya ya. Tinggal beberapa penyempurnaan, yang belum selesai. Salah satu kontennya, yakni bagaimana menekan kandungan airnya," tutur Sekretaris Umum GAIKINDO, Kukuh Kumara di sela-sela diskusi bertajuk Economic Outlook: Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0", yang digelar oleh IDX Channel, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

"Tahun depan kita akan beranjak ke B30. Walaupun memang ada beberapa masalah, selama bahan bakarnya bisa disesuaikan dengan karakter yang ada. Ini bisa menjadi potensi baru lagi. Kenapa? Karena sawit kita punya. Belum lagi nanti kalau dikembangkam bio ethanol-nya," lanjutnya.

Sebagai tambahan singkat, B30 atau biodiesel B30 merupakan campuran 30 persen biodiesel dengan bahan dasar sawit dan 70 persen minyak solar.

>>> Penjualan Meningkat, Toyota Innova Diesel Kalahkan Varian Bensin

Brosur Uji Coba Biodiesel B30

Road Test B30 yang dimulai pada 13 Juni 2019 lalu

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik