Menjadi Rongsokan Selama 40 Tahun, Mini Cooper Ini Dijual Seharga Mobil Baru

07/11/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Mini original sepertinya tak lekang oleh waktu. Tua-tua keladi, mobil ini sudah pantas dan berharga sebagai mobil klasik. Karena itu, tak salah jika seorang pecinta otomotif asal Inggris ini membayar hampir Rp 400 juta untuk sebuah mobil Mini Cooper rongsokan.

Menilik jauh hingga 1959 sejak pertama kali Mini diproduksi, sudah banyak mobil Mini melaju di jalan-jalan di seluruh dunia. Dengan sejarah sebagai salah satu perusahaan otomotif Inggris, bahkan mobil rongsokan seperti Mini Cooper S 1965 ini dijual dengan harga £ 20.000, atau jika dikonversikan sama dengan Rp 385 jutaan.

Gambar yang menunjukan Mini Cooper S yang hancur

Mini Cooper ini hancur bagian depannya

>>> Wah, Truk Sumbang 65 Persen Kecelakaan di Jalan Tol

Mini Cooper ini telah duduk dan membusuk sejak tahun 1978 di garasi dengan atap runtuh bertahun-tahun yang lalu. Hal inilah yang menjelaskan kenapa seluruh bagian depan mobil pada dasarnya hilang. Mesin tidak bisa berjalan lagi. Dan tentu saja membutuhkan tubuh yang sama sekali baru. Tapi menurut pasar, mobil ini masih bernilai lebih dari $ 26.000, berdasarkan Mini Cooper S asli.

Gambar yang menunjukan mobil sedang mengangkut Mini Cooper

Proses pengangkutan ke tempat lelang

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Pada awalnya, mobil ini diperkirakan bisa terjual antara £ 3.000 dan £ 10.000 ketika akan dilelang oleh Mathewson. “[Mobil] ini tidak biasa tetapi tidak terlalu mengejutkan [harganya bisa semahal ini]” jelas Derek Mathewson, kepala rumah lelang Mathewson, seperti dilansir dari The London Economic.

“Mini ini telah diparkir di garasi rumah tahun 1930-an selama 40 tahun terakhir. Selama bertahun tahun atap garasi telah runtuh dan Mini pada dasarnya menjadi rongsokan di dalam gudang, dengan bagasi dan bagian belakang digunakan untuk menyimpan kayu bakar,” lanjut Mathewson.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Gambar yang menunjukan melihat Mini Cooper yang rusak

Meskipun rusak, mobil ini terjual dengan harga hampir Rp 400 juta

Dan begitulah awalnya. Berada di dalam reruntuhan tak membuat mobil ini kehilangan harganya. Mathewson mengatakan model serupa yang masih berada dalam kondisi baik pada saat ini bisa terjual sekitar $ 65.000 (sekitar Rp 963 jutaan). Jadi, jangan terkejut jika nanti mobil Mini Cooper lawas Anda dihargai lebih dari Rp 1 Miliar oleh kolektor hingga pecinta Mini Cooper di Indonesia.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca

  • Pilih Mobil McLaren Sama Seperti Bermain Video Game
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Pilih Mobil McLaren Sama Seperti Bermain Video Game

    08/11/2018

    Memilih mobil baru di diler McLaren Automotive di Toronto sama seperti bermain video game. Mulai dari memilih warna mobil serta opsi lain yang tersedia. Tetapi bedanya, untuk membelinya Anda harus menggunakan uang asli.

  • Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia
    Pasar Mobil Fatchur Sag

    Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia

    07/11/2018

    Untuk urusan mobil MPV paling laris di Indonesia, semua mengakui kalau Toyota Avanza adalah jagonya meski sekarang posisinya sedang di bawah Mitsubishi Xpander. Yang mungkin belum Anda tahu, mobil MPV paling laris di dunia ternyata bukan Avanza atau Xpander. Bahkan tidak disangka mobil MPV ini juga dijual di Indonesia yang hingga sekarang masih dipandang sebelah mata. Penasaran?

  • Perusahaan Jepang Menjadi Pabrikan Paling Sering Dicari di Google
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Perusahaan Jepang Menjadi Pabrikan Paling Sering Dicari di Google

    06/11/2018

    Sekarang ini, internet bisa menjadi salah satu indikator kepopuleran sebuah brand/merek. Perusahaan asuransi Veygo telah menerbitkan daftar merek mobil yang paling banyak dicari di Google di seluruh dunia. Dan hasilnya menunjukan bahwa produsen mobil Asia, Toyota, mendominasi pencarian.