Keputusan Prinsipal, Mazda Tak Lagi Bikin MPV

26/02/2020 | Fatchur Sag

Pergeseran tren sedang terjadi di pasar otomotif roda empat dalam negeri dan MPV ke SUV. Ini terlihat dari beberapa merek mulai menghadirkan varian baru SUV. Suzuki hadirkan XL7, Mitsubishi luncurkan Xpander Cross. Disebutnya bukan SUV, tapi ubahan yang diusung membuktikan model ini mengincar pasar SUV seperti ground clearance yang bertambah tinggi dan tampilan yang makin berkarakter.

Foto All New Mazda CX-30 saat diluncurkan di Jakarta, tampak dari samping depan

Segmen SUV di tanah air makin diminati

Mazda malah lebih serius lagi. Selain menghentikan produksi dan penjualan seluruh model MPV, seperti Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante, Mazda kini lebih fokus menghadirkan model SUV baru. Yang terbaru Mazda menambah deretan line up SUV-nya dengan menghadirkan compact crossover SUV CX-30 di Mall Plaza Indonesia, Selasa (28/1/2020).

Apakah Mazda benar-benar tak tertarik lagi dengan MPV?

Bukan sekadar tak tertarik, prinsipal Mazda di Jepang (Mazda Corporation) bahkan memutuskan tidak akan memproduksi MPV lagi dengan alasan mengikuti pasar global.

"MPV sudah discontinue, secara global, Mazda tidak lagi mengembangkan mobil sekelas MPV, baik itu Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante," tutur Head of Departement Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Fedy Dwi Parleksono, seperti dikutip dari Kompas, (25/2/2020).

>>> Mencuci Mobil, Jangan Lupa Membersihkan Gril Depan

Seorang model berpose bersama Mazda Biante di IIMS 2018

Mazda Biante, produksi dan penjualannya dihentikan total sejak 2018

Penjualan Mazda di Indonesia

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan, Mazda menempati urutan ke-12 merek mobil terlaris di Indonesia tahun 2019. Penjualan yang diraihnya sebanyak 4.884 unit secara wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) dan sebanyak 4.934 unit secara retail (pengiriman dari diler ke konsumen). Penjualan bulanannya pun cukup bagus berkisar 400-an unit.

Apakah SUV CX-30 bakal memberi dampak signifikan terhadap penjualan Mazda, layak untuk dinanti.

>>> Begini Cara Kerja i-ELOOP Pada Mobil-Mobil Keluaran Mazda

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik