Hari Libur Pengganti Disiapkan Pemerintah, Masyarakat Harap Tenang

06/04/2020 | Abdul

Bulan Ramadhan dan Idul Fitri hampir tiba, namun untuk tahun ini nampaknya akan berbeda. Jika virus Covid-19 masih terjadi penyebaran pada bulan-bulan tersebut maka akan berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan dari pihak pemerintah pusat dan daerah menghimbau untuk tahun ini menunda mudik menuju ke kampung halaman. Tapi jangan khawatir, akan ada hari libur pengganti yang telah disiapkan oleh pihak pemerintah.

Pastinya sudah tahu semua bahwa salah satu tradisi masyarakat Indonesia saat menjelang hari raya Idul Fitri adalah mudik. Biasanya dilakukan pada bulan Ramadhan, perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu orang tua dan keluarga tercinta. Jadi setelah lelah bekerja di kota selama setahun akan bersilaturahmi di hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung.

Gambar ini menunjukkan banyak mobil berdesakan di jalan tol saat musim mudik

Saat tidak mudik tidak perlu terlalu khawatir

>>> Baca Juga, Tegas, Maklumat Larangan Mudik Warga Jawa Barat Oleh Gubernur

Akan tetapi di tahun ini Indonesia sedang berduka, di beberapa daerah sedang dilanda wabah virus corona. Untuk mencegah penyebaran, pihak pemerintah mengumumkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah.  Jadi dikhawatirkan seseorang yang terkena virus tersebut mudik ke kampung halaman dan menyebarkannya pada satu kampung dan di sekitarnya.

Tenang, Terdapat Hari Libur Pengganti

Soal keputusan menunda mudik dinilai oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi), sejatinya seluruh rakyat Indonesia taat. Akan tetapi agar dapat menghilangkan rasa kerinduan dan juga kekecewaan untuk bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman saat liburan, pihak pemerintah sedang melakukan pertimbangan memberikan pengganti dari hari libur Idul Fitri dengan hari libur nasional nantinya.

"Dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari bisa dibicarakan," ujar Jokowi melalui siaran videonya di Sekretariat Presiden yang dilansir dari laman Cintamobil.com.

Pihak Bapak Jokowi berharap masyarakat bisa lebih tenang dengan adanya alternatif tersebut. "Saya kira kalau skenario tersebut bisa dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat," ucap Presiden.

Beberapa Fasilitas Gratis

Selain itu, dari pihak Jokowi juga menambahkan dan menjelaskannya dengan melalui video, yang mana terdapat skenario sedang dilakukan pembahasan terkait hari libur pengganti nya supaya masyarakat dapat mudik dan bertemu dengan keluarga tercinta. Pembahasan terkait dalam pemberian fasilitas mudik contohnya adalah alat transportasi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan banyak orang sedang berada di terminal bus

Fasilitas mudik juga akan disiapkan pada hari libur pengganti

Bahkan pihak pemerintah juga sedang menggodok mengenai wacana kemungkinan akan tempat wisata digratiskan yang terdapat di daerah.  "Ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Makanya perlu dipikirkan implementasinya," tukas dia.

Jadi apabila terdapat hari libur pengganti, tentunya akan tetap bisa bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Hanya saja untuk waktunya saja yang berbeda. Kita semua berharap agar wabah virus corona ini tidak menyebar luas dan segera berakhir.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik