Genjot Produksi Pelumas Dalam Negeri, Ini Yang Dilakukan Pemerintah!

28/03/2019| Abdul

Dengan memberikan kebijakan kepada produsen pelumas dalam negeri yakni harus berStandar Nasional Indonesia. Yang mana harapannya adalah para produsen pelumas dapat berkembang dan kembali sehat, apalagi saat ini terbilang sedikit produsen pelumas di Indonesia yang masih terbilang eksis selain Evalube dan Pertamina.

Kebijakan yang dimaksud tercantum dalam Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas Secara Wajib.

Gambar ini menunjukkan tulisan SNI dengan warna hitam

Pelumas dengan label SNI tentu lebih terpercaya dan berkualitas

>>> Baca Juga, Pihak Kemenperin Menerbitkan Aturan Pelumas Wajib SNI

"Sekarang kapasitas pelumas nasional kita masih 2040 kilo. Utilitasnya baru 42%. Sedangkan pertumbuhan kendaraan itu satu tahunnya mencapai 1 juta (motor lebih besar). Melihat hal ini seharusnya pemerintah memperkuat industri pelumas dalam negeri agar kembali eksis sebab sekarang pemain pelumas asal Indonesia semakin sedikit," Ucap Taufiek Bawazier selaku Direktur Kimia Hilir Kemenperin saat berada di Jakarta pada hari Rabu (27/3/2019).

Dari pihak Taufiek Bawazier tentu menginginkan persaingan yang sehat. Jadi jika pelumas import juga perlu diuji dan memenuhi SNI. "Yah pemerintah mempersilahkan impor jika memang ada keperluan tertentu, tapi harus fair dong. Mereka juga harus kita uji dengan SNI ini, jadi persaingan bisnis sehat," lanjut dia.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya kebijakan SNI yang diberikan kepada pelumas dalam negeri bisa menjadi suatu kebutuhan. Hal tersebut dikarenakan oli yang kualitasnya rendah atau oli palsu masih banyak beredar di pasaran. Tentunya hal tersebut merugikan bagi masyarakat di Indonesia yang memiliki kendaraan.

"Jadi saya lihat instrumen yang paling pas untuk membenahi ini adalah SNI wajib. Indonesia perlu aturan ini. Ini adalah kebutuhan negara, bukan keinginan pemerintah ataupun industri. Tentu, akan banyak multiplier effect yang terjadi bila SNI pelumas ini diterapkan," ucapnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pelumas yang keluar dari tempatnya

Pelumas menjadi salah satu hal yang wajib pada kendaraan

Kebijakan SNI pada pelumas dalam negeri tentunya  berdampak baik bagi masyarakat. Karena meminimalisir maraknya oli palsu yang tidak berkualitas dan dapat mengurangi performa kendaraan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International