Biodiesel B40 Jadi Target Berikutnya, Ini Tanggapan Mitsubishi!

19/02/2020| Fatchur Sag

Pemerintah secara resmi meluncurkan me-launching Program Mandatori B30 (campuran biodiesel 30% dan 70% BBM jenis solar), pada Senin (23/12/2019) dan mulai digunakan secara resmi 1 Januari 2020. Bahan bakar nabati ini menggantikan B20, dan akan terus digunakan hingga kehadiran Biodiesel B40.

Foto menunjukkan Presiden Joko Widodo melakukan launching Mandatori B30 di Jakarta

Biodiesel B30 resmi digunakan mulai 1 Januari 2020

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Wacana B40 pernah disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. Uji coba dimulai akhir Januari 2020 hingga Agustus 2020 oleh Kementerian ESDM bekerjasama dengan para stakeholder di tanah air dengan langkah-langkah seperti yang dilakukan pada Biodiesel B30.

"Uji teknis B40-50 sedang persiapan dilakukan dengan stakeholder, Pertamina, Aprobi, asosiasi kapal, asosiasi alat berat," kata Dadan seperti dikutip dari Liputan6, (14/1/2020).

Terkait bakal ada peningkatan Biodiesel B40 ke Biodiesel B40 ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor Mitsubishi Fuso menyatakan siap mengikuti program Pemerintah. Meski demikian pihaknya bakal mempelajari, melakukan pengujian terhadap produk mereka dan melakukan evaluasi komprehensif.

“Karena kami tidak bisa langsung comply atau memenuhi B40, sehingga kami butuh studi terlebih dahulu,” tutur Duljatmono, Direktur Sales dan Marketing PT KTB seperti dikutip dari GridOto, (17/2/2020).

Sebagai gambaran saat transisi dari Biodiesel B20 ke B30, KTB butuh waktu sekitar enam bulan untuk penelitian, termasuk mengikuti Road Test B30 yang diselenggarakan Kementerian ESDM mulai 13 Juni 2019, bersama dengan pabrikan lain.

>>> Pemerintah Serius, Ini Dampak Luar Biasa Implementasi Biodiesel

Foto Mitsubishi Fuso di SPBU Pertamina

Biodiesel B30 tersedia di seluruh SPBU Pertamina

Untuk saat ini, terkait wacana B40 pihaknya mengaku belum melakukan riset apapun. KTB menunggu aturan main yang benar-benar detail untuk kemudian melakukan riset dan berbagai hal yang diperlukan.

"Kami belum tahu aturannya seperti apa. B40 ini sifatnya masih pernyataan dari pemerintah, jadi kami juga belum melakukan risetnya," kata Momon. "Intinya, kami siap menyanggupi kewajiban tersebut, tetapi kami perlu tau detail aturannya seperti apa, dan tentunya perlu waktu untuk melakukan riset," lanjutnya.

Sebelumnya, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mengaku mendapat surat dari badan penelitian migas untuk mengirim bahan baku yang akan dipergunakan sebagai sarana uji coba B40. Uji coba kemungkinan besar bakal dilakukan mulai bulan Maret 2020 sesuai arahan Presiden yang menginginkan Biodiesel B40 bisa diimplementasikan pada Januari 2021.

"Barusan tadi dapat surat dari badan penelitian migas supaya mengirimkan bahan bakunya untuk diujicobakan," kata Ketua Umum Aprobi, MP Tumanggor seperti dikutip dari Kompas, (11/2/2020).

>>> Resmi Dijual, Ini Harga Biosolar B30 di SPBU

Contoh Biodiesel B20, B30, dan B100

Biodiesel B100 jadi target tertinggi penggunaan bahan bakar nabati untuk kendaraan bermesin diesel

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International