Motobus, Angkutan Umum Ini Bisa Muat Penumpang Dan Motornya

04/10/2017 | Mobilmo.com

Tidak hanya untuk penumpang, MotoBus juga bisa membawa sepeda motor ke tempat tujuan. Dengan begitu tidak perlu lagi capek capek berkendara jarak jauh. Satu lagi layanan transportasi baru dikenalkan kepada masyarakat, khususnya di Bandung, Jawa Barat namanya MotoBus. Sebuah bus angkutan yang bisa membawa penumpang sekaligus motor kesayangannya ke tempat tujuan. Kehadiran MotoBus diharapkan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalani aktifitasnya. MotoBus adalah produk baru PT. Motobus Trans Nusantara, sebuah perusahaan angkutan yang berdiri tahun 2017. Ide memunculkan MotoBus sebenarnya sudah sejak tahun 2012, akan tetapi baru tahun ini bisa terealisasi.

Desain Eksterior MotoBus (Photo:Detik)

Menurut Humas PT. Motobus Trans Nusantara, Wulandari konsep Motobus ini bertujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat sekaligus mengurangi angka kecelakaan motor. "Kami ingin menghadirkan kenyamanan untuk masyarakat. Tujuan membuat konsep MotoBus ini melengkapi jenis transportasi di Indonesia dan mengurangi angka kecelakaan sepeda motor," tutur Wulandari kepada media, Senin (2/10/2017). Penampakan Motobus Seperti photo yang dikutip dari detik.com tampilan luar MotoBus ini cukup mencolok. Selain ukurannya yang besar, warna yang dipilih juga sangat cerah yaitu oranye. Bus terbagi menjadi dua lantai. Lantai atas untuk penumpang dan lantai bawah untuk sepeda motor. Di bagian samping kiri terdapat dua pintu yaitu di bagian depan untuk keluar masuk penumpang dan di bagian tengah untuk keluar masuk sepeda motor.

Tempat duduk penumpang MotoBus di lantai atas (Photo:Detik)

Penumpang bisa duduk dengan nyaman di lantai atas karena tempat duduk bus yang berjumlah 50 ini memakai konfigurasi 2 + 2. Sabuk pengaman disematkan pada masing-masing tempat duduk sebagai perangkat keamanan. Sedangkan untuk hiburan, tersedia slot USB charger dan juga WIFI. Bagi yang membawa bawaan ringan seperti tas, tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan karena di bagian atas terdapat bagasi penyimpanan. Daya tampung sepeda motor lantai bawah bisa mencapai 10 unit, dengan syarat motornya harus motor bebek di bawah 150 cc serta lebarnya tidak boleh melebihi 60 cm. "Sepeda motor ada di bagian bawah terdiri dari kapasitas 10 unit dengan ketentuan motor bebek di bawah 150 cc dan lebarnya tidak boleh melebihi 60 cm serta memiliki standar tengah," kata Wulandari.

Ruang kemudi MotoBus (Photo:Detik)

Sebagai yang pertama di dunia, konsep MotoBus sudah dipatenkan oleh PT. Motobus Trans Nusantara sejak 5 Desember 2016. Begitu pula dengan ijin operasional, Motobus sudah mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub). MotoBus direncanakan akan beroperasi mulai 27 Oktober 2017 dengan rute Jakarta – Bandung mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, dimulai dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur dan Terminal Leuwi Panjang, Bandung.