Toyota Fortuner Dan Rush Tampil Dengan Wajah Baru Di Ajang GIIAS 2017

17/08/2017| Mobilmo.com

Ajang GIIAS 2017 menjadi pilihan bagi Toyota untuk memamerkan beberapa versi baru produk – produk andalan mereka di pertengahan tahun ini. Selain memamerkan versi limited edition dari Avanza dan Sienta; Toyota juga memamerkan Fortuner serta Rush yang memiliki penampilan baru. Fortuner dengan penampilan baru yang dipamerkan di ajang GIIAS 2017 merupakan buah karya anak bangsa karena dikembangkan dan dirancang secara lokal. Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata menyebut Toyota Fortuner TRD Sportivo tersebut merupakan mobil dari Indonesia; untuk Indonesia. Hal yang sama juga dialami oleh Toyota Rush yang juga dipamerkan dengan wujud baru. Rush termasuk produk mobil yang jarang mengalami facelift atau proses modifikasi pabrik; namun khusus untuk ajang GAIIS 2017 mobil SUV tersebut muncul dengan versi Rush TRD Sportivo. Toyota Fortuner TRD Sportivo mengalami beberapa perubahan tampilan yang dapat dikenali dengan mudah pada bagian eksterior depan, samping dan juga belakang. Tampil dengan cat berwarna putih bersih yang diklaim sebagai bagian dari konsep Sporty Tough; Fortuner TRD Sportivo memang tampil lebih garang dan berkesan makin elegan. Tampilan baru versi baru Toyota Fortuner juga dapat dikenali pada bagian depan berupa lower grill berwarna hitam dan logo TRD pada bagian grill tepat di bawah logo Toyota. Spoiler pada bagian bumber depan juga mengalami perubahan desain dengan menambahkan kombinasi 2 warna serta frame lampu kabut dengan warna hitam.

Layaknya sebuah produk mobil edisi khusus; label TRD Sportivo juga disematkan pada strip yang melekat di sisi kanan dan kiri mobil. Perubahan lain yang dapat dengan mudah dilihat ada pada pilihan velg yang digunakan. Fortuner TRD Sportivo menggunakan velg alloy wheel 17 inci dari TRD. Toyota Fortuner TRD Sportivo juga mengalami pengembangan pada bagian kaki – kaki dan kini dilengkapi dengan sistem pengereman cakram pada roda bagian belakang. Perubahan pada bagian interior salah satunya terjadi pada perubahan fitur hiburan berupa perangkat audio. Toyota Fortuner TRD Sportivo telah dilengkapi dengan perangkat audio AVN berukuran 8 inci; sama seperti fitur hiburan yang dimiliki Fortuner versi SRZ dan VRZ. Toyota Fortuner TRD Sportivo disebut – sebut hanya akan menjadi produk tambahan untuk meramaikan pasar mobil Toyota di Indonesia; Fortuner SRZ dan VRZ akan tetap menjadi produk utama Fortuner di Indonesia. Fortuner TRD Sportivo dibanderol dengan harga lebih mahal 12 juta dibandingkan dengan Fortuner SRZ dan VRZ. Sementara itu Toyota Rush TRD Sportivo yang dipamerkan di ajang GIIAS 2017 juga memiliki penampilan baru yang membedakannya dari versi – versi sebelumnya.

Sosok Rush TRD Sportivo tampil dengan warna metalik yang elegan dan terkesan gahar. Salah satu perubahan nyata pada Toyota Rush yang terjadi pada versi TRD Sportivo adalah dihilangkannya tempat ban cadangan yang ada di bagian belakang. Bagian yang sering disebut dengan konde tersebut kini tidak lagi ditemukan di bagian buritan. Mobil kembaran Terios tersebut memang sering menuai kritik dan keluhan karena desain tempat menyimpan ban cadangan di bagian belakang yang digunakan. Pihak Toyota sebelumnya enggan menghilangkan bagian konde tersebut karena dianggap sebagai salah satu ciri khas mobil SUV atau Sport Utility Vehicle.

Perubahan berupa hilangnya tempat ban cadangan di bagian belakang Toyota Rush TRD Sportivo ternyata merupakan solusi yang ditawarkan oleh pihak Toyota menanggapi keluhan yang diberikan pada desain sebelumnya. Produk Rush TRD Sportivo yang belum dijual di pasaran tersebut ternyata memiliki fitur tempat ban cadangan yang dapat dilepas. Hal tersebut dapat dilihat dengan cukup jelas pada desain pintu belakang yang masih sama dan memiliki bagian tonjolan untuk menempatkan ban cadangan. Jika kebanyakan mobil yang tidak menempatkan ban cadangan pada bagian belakang pintu menempatkannya di bagian bawah atau kolong mobil; Toyota Rush TRD Sportivo menempatkan ban cadangan pada bagian kabin belakang.

Keputusan melepas konde pada pintu belakang Toyota Rush disebut – sebut sebagai bagian dari riset yang dilakukan Toyota pada mobil tersebut. Hal tersebut diakui oleh Akbar Juniarto mewakili pihak Designer Staff Covertion and Accesories dari Toyota.

International