Siap Bersaing Datsun Punya Amunisi Baru, Bukan Mobil Jenis LCGC

15/08/2019 | Abdul

Belum banyak meluncurkan berbagai model semenjak pertama kalinya Datsun dikenalkan di dalam negeri. Namun yang jelas mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC) untuk saat ini merupakan produk andalan serta menjadi tulang punggung penjualan Datsun Indonesia. Dan khabarnya produsen kendaraan yang bermarkas di Jepang itu mengaku tidak lama lagi akan segera meluncurkan produk terbarunya dan bukan mobil jenis LCGC.

Gambar ini menunjukkan logo Datsun pada mobil di bagian depan

Amunisi baru Datsun dikabarkan bukan LCGC

>>> Baca Juga, Bocoran Poin Perpres Mobil Listrik Diungkapkan Oleh Menperin

Susilo Darmawan selaku CEO Indomobil Nissan Datsun beberapa waktu lalu memberikan penjelasan, menghadapi ramainya persaingan di berbagai segmen di pasar mobil prinsipal Nissan pada saat ini tengah berencana meluncurkan produk terbaru dan masih menggunakan merek Datsun. Bahkan pihaknya juga meyakini produk tersebut akan membuat Datsun lebih dikenal di pasar roda empat Indonesia.

"Jadi tunggu saatnya saja, mereka prinsipal yang mempunyai rencana, saya pernah dengar beberapa tahun lalu, lebih dari ini produk (LCGC)," ujarnya kepada awak media di Kembangan, Jakarta Barat, Jumat 9 Agustus 2019.

Berkaitan dengan produk Datsun yang bukan mobil jenis LCGC, sayangnya belum ada kabar yang jelas terkait dengan peluncuran produk terbaru yang direncanakan oleh prinsipal Nissan ini bahkan Susilo juga masih enggan mengatakan secara terang-terangan terkait dengan produk tersebut. Namun yang jelas untuk pengembangan produk kali ini bukan hanya fokus di segmen LCGC.

"Datsun waktu itu diluncurkan basic-nya LCGC, Nissan sendiri dari Jepang memikirkan bahwa Datsun harus dikembangkan tidak hanya LCGC saja, kita setuju," tuturnya.

Seperti yang telah kita ketahui sebenarnya Datsun sendiri sebelumnya sudah memasarkan produk mobil yang bukan berbasis LCGC, yakni Datsun Cross yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Hanya saja untuk menarik hati konsumen mobil tersebut masih kalah jauh dengan merek-merek lain yang sudah lebih dulu terkenal di indonesia, seperti Toyota, Honda, Suzuki, dan rival-rival lainnya.

Hal tersebut terbukti dengan melihat catatan data penjualan secara wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) yang telah dihimpun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada bulan maret tahun lalu sebagai gebrakan memang laku sebanyak 2.223 unit. Akan tetapi penjualan di bulan-bulan berikutnya tidak lebih dari 20 unit setiap bulannya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Datsun Cross warna kuning tampak bagian depan

Tahun 2019 penjualan Datsun Cross mengelami peningkatan

Sedangkan memasuki tahun 2019 penjualan Datsun Cross mengalami peningkatan. Untuk periode Januari 2019 lalu sudah laku sebanyak 60 unit bahkan pada bulan juni penjualan bisa mencapai angka 535 unit. Jadi apakah produk yang digadang-gadang bukan mobil jenis LCGC, kita tunggu saja kabarnya.

"Kalau dibandingkan negara lain yang punya Datsun, sampai sekarang Indonesia still the best," kata Susilo.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik