Operasi Zebra Dimulai, Kakorlantas Beri Wejangan Pada Seluruh Personil Polantas

01/11/2017| Mobilmo.com

Hari ini, 1 November 2017 Korp Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) resmi melaksanakan Operasi Zebra. Dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah di Indonesia, operasi ini akan berlangsung selama 14 hari sampai tanggal 14 November 2017 dan difokuskan pada penegakan hukum dan kedisiplinan. Segala pelanggaran aturan lalu lintas yang dilakukan pengedara kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor akan langsung ditindak tegas atau ditilang ditempat.

Irjen Pol Royke Lumowa selaku Kepala Korp Lalu Lintas Polri dalam sambutannya pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2017 memberikan lima wejangan penting kepada semua personil Polisi Lali Lintas se-Indonesia yang akan turut dalam operasi. Berikut isi wejangan yang diamanahkan Kepala Korp Lalu Lintas:
  1. Menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain dengan pendekatan Dikmas, langkah penegakkan hukum juga menjadi salah satu upaya menekan angka kecelakaan.
  2. Disiplin dalam berlalu lintas. Bila Operasi Zebra sudah dilaksanakan, tetapi tidak ada perubahan dari masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, maka dianggap gagal bertugas. Karena sebelum gelar Operasi, sudah banyak dilakukan penekanan dan sosialisasi. Bila tidak maksimal dalam memberikan pelayanan, nanti akan terlihat bagaimana pelaksanaan Operasi Zebra.
  3. Mengurangi Pelanggaran lalu lintas. Kalau pelanggaran masih terlihat dominan berarti Operasi Zebra masih dianggap biasa oleh masyarakat.
  4. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Tahun kemarin, kita sudah mengalami penurunan hingga 30 persen, dan tahun ini pada gelaran Operasi Zebra 2017 harus lebih baik lagi dalam menurunkan tingkat fatalitas. Melalui Operasi Zebra, Kepolisian dapat Negara untuk menyelamatkan banyak nyawa yang terbuang sia-sia di jalan raya.
  5. Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri, dalam hal ini anggota yang bertugas di lapangan jangan ada lagi kolusi, dan korupsi dalam peneggakan hukum kepada pelanggar. Dan penegakan harus ada kepastian dan bersifat adil.

Tak lupa, Kakorlantas juga mendoakan agar kegiatan operasi yang digelar tahun 2017 ini bisa berjalan dengan lancar dan aman. "Kami berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," kata Royke.

International