Mengenal Toyota Hilux, Kendaraan Lapangan Multi Fungsi Dan Berkelas

08/10/2017| Mobilmo.com

Setelah beberapa produsen mobil kelas dunia merilis varian baru produk mobil multi fungsi dengan tipe pickup; Toyota merespon dengan meluncurkan Toyota Hilux 2017. Toyota memang cukup lama tidak merilis produk mobil multi fungsi dengan tipe tersebut dan lebih fokus pada produk – produk mobil penumpang. Toyota Hilux kini dapat menjadi alternatif lain bagi penggemar otomotif tanah air yang menginginkan kendaraan multi fungsi dengan citra elegan dan tingkat kenyamanan tinggi. Hilux berkompetisi dengan mobil pickup premium besutan produsen – produsen mobil terkemuka yang telah lebih dahulu meluncurkan varian baru dari produk mereka.

Tampilan Eksterior Dan Interior Toyota Hilux Toyota Hilux memiliki tampilan yang gagah dan garang berkat struktur kokoh yang dimiliki. Bagian depan Hilux terlihat gagah dengan desain yang sederhana. Grille berwarna krom dengan aksen logo Toyota di bagian tengah diapit oleh kedua lampu utama. Bumper berukuran besar terbagi menjadi dua bagian; dengan bagian tengah membentuk bingkai berwarna hitam dengan bagian kedua grille di bagian tengahnya.

Postur gagah juga terlihat jelas dari tampilan samping Toyota Hilux; bodi yang terkesan tinggi dengan didukung roda berukuran cukup besar mempertegas kesan gagah mobil tersebut. Sedangkan tampilan belakang terlihat sederhana dan lebih mengutamakan fungsi dengan deretan lampu berada di sisi kanan dan kiri pintu bak belakang.

Toyota menawarkan konsep interior yang berbeda dari kebanyakan kendaraan pickup atau semi truk premium. Hilux tetap menawarkan kenyamanan ekstra dengan ukuran ruang kabin yang lapang. Mobil ini sepertinya memang didesain untuk membidik konsumen berkelas yang butuh kendaraan multi fungsi yang tangguh dan tetap nyaman ketika terjun di lapangan. Varian single kabin menawarkan ruang angkut yang lebih luas; sementara varian double kabin memiliki ruang penumpang baris kedua yang cukup lapang meski luasan bak terbuka di belakang menjadi lebih sempit.

Spesifikasi Teknis Toyota Hilux Toyota membangun Hilux sebagai kendaraan yang cukup besar dengan panjang 5.285 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.850 mm serta jarak antar sumbu roda 3.085 mm untuk varian double kabin. Sementara varian single kabin memiliki panjang 4.930mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.685 mm dan jarak antar sumbu 2.755 mm. Jarak antara dasar bodi dengan tanah yang cukup besar membuat Toyota Hilux mampu melibas medan yang cukup esktrim tanpa banyak kesulitan. Suspensi Double Wishbone digunakan pada roda depan; sedangkan roda belakang menggunakan Leaf Spring dengan Rigid Axle.

Toyota Hilux menggunakan 2 pilihan mesin dengan bahan bakar bensin dan mesin diesel. Varian diesel memiliki mesin bertipe Toyota 2KD-FTV dengan 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 2.494 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 144 PS pada putaran 3.400 rpm dan menghasilan torsi maksimal 35 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm. Sedangkan mesin bensin yang digunakan adalah Toyota 1TR-FE dengan 4 silinder DOHC 16 katup berteknologi VVT-i. Mesin berkapasitas 1.998 cc tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 139 PS pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi maksimal 18,7 Kgm pada 4.000 rpm. Varian diesel menggunakan transmisi manual 6 percepatan dan varian bensin memakai transmisi manual 5 percepatan.

Fitur Keamanan Dan Kenyamanan Toyota Hilux Fitur Vehicle Stability Control (VSC) memberi stabilitas lebih ketika melewati tikungan ataupun medan ekstrim. Sedangkan bantuan ketika berjalan menanjak bisa didapat dari fitur Hill-Star Assist Control. Sistem pengereman ABS memberi keamanan ekstra ketika melakukan pengereman mendadak.

Kantung udara pengaman menjadi fitur standar setiap varian Hilux; sedangkan untuk double kabin ditambah dengan knee airbag. Fitur kenyamanan yang ditawarkan Toyota juga terbilang lengkap berupa integrasi dengan iPod dan layar LCD untuk menonton video. Sistem audio 2D in 4 Speakers dapat menjadi hiburan menyenangkan ketika berkendara.
Harga Toyota Hilux 2017 Varian Toyota Hilux 2.0 L M/T bermesin bensin dengan kabin tunggal menjadi varian dan transmisi manual dengan harga termurah; mobil tersebut memiliki banderol harga di kisaran Rp 203.4 juta. Sedangkan varian kabin tunggal bermesin diesel 2.5 M/T dibanderol senilai Rp 220.9 juta. Sementara varian termahal adalah Toyota Hilux 2.5 V (4x4) A/T Diesel dengan kabin ganda, harganya Rp 456.0 juta. Semua harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

International