Kuota Hanya 50 Unit, Honda Civic Type R Sangat Diminati

21/08/2017| Mobilmo.com

Berbicara soal mobil performa tinggi di Indonesia, tentu yang paling populer di masyarakat adalah Mercedes Benz dan BMW. Ferrari, Lamborghini juga masuk jajaran mobil-mobil performa tinggi. Tapi merek merek itu tidak begitu familiar di masyarakat khususnya dari kalangan pinggiran dan kalangan ekonomi bawah. Keterkenalan di kalangan masyarakat tentu saja berpengaruh pada sisi penjualan. Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Untuk mobil, tak dikenal tentu tak akan dibeli. Lalu bagaimana bila dipaksakan atau dicoba melakukan hal itu. Tentu menjadi sebuah spekulasi tinggi. Bagi BMW dan Mercedes-Benz yang sudah dikenal mobilnya selalu berperforma tinggi, menjualnya tidak menjadi sebuah kesulitan. Konsumen sudah mafhum dan sangat maklum. Namun akan sebaliknya. Menjual mobil performa tinggi bisa menjadi sebuah gambling bagi produsen mobil yang biasa menjual produk biasa dengan harga terjangkau atau pertengahan ke bawah. Coba kita lihat mobil-mobil produksi Jepang macam Suzuki, Mitsubishi, Honda dan Toyota? Suzuki Swift Sport meski memiliki performa tinggi dibanding varian yang lain dan harga yang terjangkau, penjualannya tidak begitu membanggakan. Padahal banyak yang tahu kalau Suzuki Swift sport adalah hatchback yang sangat enak dikendarai. Toyota, yang salah satu produknya, Toyota Avanza, menjadi leader dalam sisi penjualan di Indonesia juga tidak bisa tersenyum manakala melihat angka penjualan Toyota 86 Sport. Dari tahun 2012 hingga pertengahan 2016, mobil yang memiliki banderol harga diatas Rp 600 juta-an itu masih jauh menyentuh angka 1000 unit karena hanya laku sekitar 535 unit. Mitsubishi dengan Lancer Evolution X-nya juga tak jauh berbeda. Mobil sport bertenaga tinggi dengan transmisi kopling ganda itu juga masih tanda tanya untuk pasaran Indonesia. Konon harganya bisa tembus 1.2 miliar rupiah. Bagaimana ke depan. Meski sudah banyak yang tersudut, tidak lantas menyurutkan para produsen mobil biasa untuk tetap berinovasi menciptakan dan menjual mobil performa tinggi. Contoh yang paling anyar adalah Honda yang meluncurkan Civic Type R pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil sport besutan Honda yang bertransformasi dari sedan ke hatchback ini memiliki baderol harga 995 juta rupiah. Harga yang sangat tidak murah bagi pasaran Honda di Indonesia. Harga ini dua kali lipat dari harga Honda Civic Turbo biasa.

Namun bukan tanpa alasan Honda Indonesia lewat Honda Prospect Motor menjual dengan harga selangit. Dari sisi mesin, Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 liter VTEC turbo yang bisa menyemburkan daya 310 PS dan torsi 400 Nm. Dari sisi desain mobil ini juga sama sekali tidak mengecewakan. Bahkan di ajang GIIAS 2017 mobil ini cukup menjadi perhatian banyak pengunjung.

Bagaimana dengan penjualan Honda Civic Type R ?

Mobil ini baru diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu. Tentu jumlah penjualan total bulan ini baru akan diketahui datanya pertengahan September mendatang melalui data resmi Gaikindo.

Namun sekilas gambaran penjualan bisa dilihat datanya selama event. Diluar dugaan dari pihak Honda, dari kuota yang disediakan untuk Indonesia yang hanya 50 unit saja hingga akhir tahun 2017, sudah terjual sebanyak 15 unit di hari keempat pameraan. Ini tentu jadi sinyal positif bagi Honda Civic Type R untuk pasar Indonesia. “Honda Civic Type R merupakan model yang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar Honda serta konsumen yang menginginkan mobil Sport sejati, terlihat dari penerimaan konsumen terhadap Honda Civic Type R yang sangat luar biasa. Kami berterima kasih kepada para konsumen dan akan memaksimalkan upaya agar dapat mengirimkan mobil dalam waktu yang secepat-cepatnya,” kata Jonfis Fandy, selaku Marketing & After Sales Service Director PT. Honda Prospect Motor.

Pilihan warna yang disediakan untuk tahun 2017 ini hanya ada dua, yaitu Rally Red dan Championship White yang menjadi kebanggaan Honda. Sayang, untuk warna Championship White sudah habis dipesan. Bagi konsumen yang memang benar-benar menginginkan membeli tahun ini, tentu tidak punya pilihan warna lain selain yang merah. Tapi bila tetap menginginkan warna putih, mau tidak mau harus menunggu tahun depan sebab direncanakan bakal ada banyak pilihan warna lain selain yang sudah ada seperti biru, hitam dan abu-abu. Siapkan saja dana yang banyak agar Honda Civic Type R benar-benar jadi penghuni baru garasi Anda.