KIA Seltos Siap Produksi Lokal, Asal ...

03/02/2020 | Fatchur Sag

Agen Pemegang Merek (APM) KIA di Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) sukses meluncurkan model pertamanya, KIA Seltos pada 20 Januari 2020 lalu. Model ini menempati segmen compact SUV dan bakal bersaing dengan Honda HR-V, dan Hyundai Kona. Secara KIA Seltos cukup istimewa karena menjadi model pertama yang diluncurkan PT KIA setelah diperkenalkan pertama di India 20 Juni 2019 dan diluncurkan secara resmi 22 Agustus 2019.

Foto KIA Seltos tampak dari samping depan

KIA Seltos resmi meluncur di Indonesia

KIA Seltos yang dihadirkan ke Indonesia saat ini juga diimpor dari India secara utuh (Completely Built Up (CBU). Sedikit banyak hal ini turut mempengaruhi harga jual. Seltos dipasarkan mulai Rp295 juta untuk varian terendah hingga Rp355 juta untuk varian tertinggi. Sebagai pembanding KIA Seltos dijual di Korea Selatan dengan harga mulai 19,650,000 WON atau setara Rp230 jutaan hingga 26,850,000 WON atau setara Rp315 jutaan.

Lantas apakah mobil ini berpeluang diproduksi dalam negeri agar harga bisa ditekan?

PT KIA menjelaskan, soal memproduksi dalam negeri bukan hal yang tidak mungkin dan peluangnya selalu terbuka. Hanya saja banyak yang harus dipertimbangkan sebelum keputusan diambil. Yang paling urgen adalah soal seberapa pasar berminat terhadap model ini. Semuanya tergantung pada permintaan pasar.

"Balik lagi. Soal rencana rakit itu semuanya soal economic of scale ya. (Tergantung) supply and demand," tutur Marketing and Development Division Head KIA, Ario Soerjo, seperti dikutip dari Detik, (1/2/2020).

>>> Resmi Diluncurkan, Berapa Harga All New Kia Seltos?

Foto KIA Seltos tampak dari samping belakang

Tampilan menarik KIA Seltos dari belakang

Soal kesiapan dari sisi fasilitas tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Menurut Ario, Indomobil yang merupakan induk perusahaan PT KIA memiliki sumber daya dan fasilitas perakitan yang cukup memadai. Bahkan jika memang dibutuhkan KIA bisa segera memproduksi Seltos.

"Kalau suatu saat mobil ini laku sekali dan perlu inden. Di situlah kita mulai berpikir untuk melakukan CKD (Completely Knock Down). Indomobil sudah punya sarana, lokasi, dan resources. Kalau diperlukan sekarang, Indomobil sudah ada," papar Ario.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Penjualan KIA Seltos

Terhitung hingga 31 Januari 2020 mobil ini telah berusia 12 hari. PT KIA mengaku sudah mendapatkan lebih dari 100 unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari seluruh jaringan diler KIA yang tersebar di berbagai wilayah. Pencapaian ini cukup baik mengingat PT KIA meski tidak menyebut angka spesifik sudah menargetkan penjualan Seltos sebanyak empat digit di 2020.

Bagi konsumen yang telah memesan harus sedikit bersabar, inden mobil ini sekitar satu bulan menunggu kiriman datang dari India.

KIA Seltos ditargetkan terjual ribuan unit pada kalender penjualan 2020. "Kalau sudah mencapai 4 digit sudah puas, sampai akhir tahun ini," ujar Ario.

>>> Uji Tabrak KIA Seltos Di NCAP, Nilai Keselamatan Berkendara Dapat Bintang 5

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik